Literasi Digital dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTs Yogyakarta

Tinta Merry Syahadah, Dian Hidayati

Abstract


The purpose of this research is to describe digital literacy learning in Madrasah Tsanawiyah schools. Participants consisted of teachers and students (MTs) Muallimat Muhammadiyah Ypgyakarta Madrasah. Efforts to improve the quality of learning. This type of research is descriptive qualitative research or research that describes digital literacy in relation to the quality of learning at Madrasah Tsanawiyah to improve the quality of learning. Based on the results of the study, digital literacy applied in Madrasah Tsanawiyah can improve the quality of student learning in general.

Keywords


Literasi Digital, Mutu Pembelajaran, MTs

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. F. (2022). Urgensi Literasi Digital di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan Sistematis. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-1

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Nur, A. B., & Putra, R. (2019). Kompetensi Literasi Digital bagi Guru dan Pelajaran di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika

Fitriani, Y., Pakpahan, R., Junadi, B., & Widyastuti, H. (2022). Analisa Penerapan Literasi Digital dalam Aktivitas Pembelajaran Daring Mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 439–448. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.784

Ganovia, P., Sherly, & Herman. (2022). Efektivitas Hybrid Learning dalam Proses Pembelajaran untuk Siswa Kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1478–1481.

Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2). http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Ibnas, R., Sauddin, A., Irwan, M., & Aludin, M. M. (2022). Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Pengembangan Media SCORM Untuk Pembelajaran Asynchronuos. Jurnal Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya, 10(1).

J Dien, F. H., Maramis, J. B., E Saearang, D. P., H Dotulong, L. O., Soepeno, D., Hendra Jeskhiel Dien, F., Barens Maramis, J., Paul Elia Saerang, D., & Otto Herman Datulong, L. (2022). Pelaksanaan Proses Penjaminan Mutu di Sekolah Penggerak Sulawesi Utara Indonesia. Jurnal EMBA, 10(2), 1140–1150.

Jhon W. Creswell. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.

Mayadiana Suwarma, D., Munir, M., Ayu Wijayanti, D., Pandapotan Marpaung, M., Weraman, P., & Putu Agus Dharma Hita, I. (2023). Pendampingan Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung dan Motivasi Belajar. Communnity Development Journal, 4(2), 1234–1239.

Nasri, E., Heri Setiawan, T., Warianto, H., & Studi Matematika, P. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Ujian Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Analisis Faktor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Dan Statistika, 3(1). https://doi.org/10.46306/lb.v3i1

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Peningkatan Mutu Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru melalui Lesson Study di SMPN 1 Lengkong. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4). https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma

Rudini, M., & Khasanah, A. (2022). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa di Sekolah Dasar. Pendekar Jurnal: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 33–43. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar

Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2359

Sudrajat, D., Purnamasari, A. I., Dikananda, A. R., Kurnia, D. A., & Bahtiar, A. (2022). Klasifikasi Mutu Pembelajaran Hybrid berdasarkan Algoritma C.45, Random Forest dan Naïve Bayes dengan Optimasi Bootsrap Areggating (Bagging) pada masa COVID-19. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 2227. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i6.5179

Supyan Sauri, R., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajamen Mutu dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi adaigital untuk Meningkatkan Etika Berdigital bagi Pelajar di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155–2165. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203

Warisno, A. (2022). Konsep Mutu Pembelajaran dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/

Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i1.17581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.