Literasi Digital dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTs Yogyakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, I. F. (2022). Urgensi Literasi Digital di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan Sistematis. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-1
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Nur, A. B., & Putra, R. (2019). Kompetensi Literasi Digital bagi Guru dan Pelajaran di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika
Fitriani, Y., Pakpahan, R., Junadi, B., & Widyastuti, H. (2022). Analisa Penerapan Literasi Digital dalam Aktivitas Pembelajaran Daring Mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 439–448. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.784
Ganovia, P., Sherly, & Herman. (2022). Efektivitas Hybrid Learning dalam Proses Pembelajaran untuk Siswa Kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1478–1481.
Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2). http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Ibnas, R., Sauddin, A., Irwan, M., & Aludin, M. M. (2022). Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Pengembangan Media SCORM Untuk Pembelajaran Asynchronuos. Jurnal Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya, 10(1).
J Dien, F. H., Maramis, J. B., E Saearang, D. P., H Dotulong, L. O., Soepeno, D., Hendra Jeskhiel Dien, F., Barens Maramis, J., Paul Elia Saerang, D., & Otto Herman Datulong, L. (2022). Pelaksanaan Proses Penjaminan Mutu di Sekolah Penggerak Sulawesi Utara Indonesia. Jurnal EMBA, 10(2), 1140–1150.
Jhon W. Creswell. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.
Mayadiana Suwarma, D., Munir, M., Ayu Wijayanti, D., Pandapotan Marpaung, M., Weraman, P., & Putu Agus Dharma Hita, I. (2023). Pendampingan Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung dan Motivasi Belajar. Communnity Development Journal, 4(2), 1234–1239.
Nasri, E., Heri Setiawan, T., Warianto, H., & Studi Matematika, P. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Ujian Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Analisis Faktor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Dan Statistika, 3(1). https://doi.org/10.46306/lb.v3i1
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Peningkatan Mutu Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru melalui Lesson Study di SMPN 1 Lengkong. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4). https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma
Rudini, M., & Khasanah, A. (2022). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa di Sekolah Dasar. Pendekar Jurnal: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 33–43. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar
Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2359
Sudrajat, D., Purnamasari, A. I., Dikananda, A. R., Kurnia, D. A., & Bahtiar, A. (2022). Klasifikasi Mutu Pembelajaran Hybrid berdasarkan Algoritma C.45, Random Forest dan Naïve Bayes dengan Optimasi Bootsrap Areggating (Bagging) pada masa COVID-19. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 2227. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i6.5179
Supyan Sauri, R., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajamen Mutu dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi adaigital untuk Meningkatkan Etika Berdigital bagi Pelajar di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155–2165. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203
Warisno, A. (2022). Konsep Mutu Pembelajaran dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196
DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i1.17581
Refbacks
- There are currently no refbacks.