Pembelajaran Berbasis Elektronik (Besmart Elearning) sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pendidikan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adedoyin, O. B., & Soykan, E. (2020). Covid-19 pandemic and online learning: the challenges and opportunities. In Interactive Learning Environments, 1–13. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1813180
Aghni, R. I., Siswanto, Siregar, M. N. N., & Purnama, D. N. (2021). Need assessment pembelajaran akuntansi selama masa pandemi covid-19 pada jurusan S1 pendidikan akuntasi FE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 84–98. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/45540/18740
Anggraeni, A. (2016). Upaya peningkatan professional responsilibity pendidik dengan pengembangan course e-learning untuk pembelajaran di program studi pendidikan teknik boga fakultas teknik UNY. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Dalam Seminar Nasional “Professional Responsibility Dalam Menyiapkan SDM Vokasi Abad 21”, PTBB FT UNY, 85–102. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/28672/12801
Arif, D. B. (2016). Pembelajaran berbasis elektronik (e-learning) sebagai alternatif strategi pembelajaran aktif dalam mata kuliah ilmu kewarganegaraan. Prosiding Seminar Nasional. http://eprints.uad.ac.id/3655/
Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia berbasis e-learning di era digital. Proceedings, 1(2), 56–61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7145
Balaji, R., Al-Mahri, F., & Malathi, R. (2016). A perspective study on content management in e-learning and m-learning. Eprint ArXiv:1605.02093.
Benavides, L. M. C., Arias, J. A. T., Serna, M. D. A., Bedoya, J. W. B., & Burgos, D. (2020). Digital transformation in higher education institutions: a systematic literature review. Sensors, 20(11), 1–22. https://doi.org/10.3390/s20113291
Dwihartanti, M., Mardiyah, S. U. K., & Ramadhan, A. N. (2018). Pemanfaatan media pembelajaran e-learning di fakultas ekonomi UNY. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 51–63. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24494
Hartanto, D. D., & Triyono, S. (2021). Manajemen pembelajaran bahasa jawa menggunakan moda Besmart UNY. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(2), 122–136. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i2.47841
Hartono, A. F., & Waryanto, N. H. (2022). Evaluasi usability sistem e-learning “besmart” sebagai aplikasi pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Menggunakan Uselearn. Jurnal Kajian Dan Terapan Matematika, 8(1), 15–23. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/article/view/18201
Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., Pertiwi, F. N., Fauziah, H. N., Santoso, L., Pahlevi, F. S., Hidayati, N., Noviana, L., Ajhuri, K. F., & Aini, S. (2020). Pendidikan tinggi di masa pandemi , transformasi, adaptasi, dan metamorfosis menyongsong new normal (Vol. 2507, Issue February). Zahir Publishing. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=_Kr7DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=tren+peluang+dan+tantangan+%22e+learning%22&ots=ZvrTFUY9fg&sig=LPkeXMaIEr4JH01feUGoEd5OIXE
Jabar, A. (2013). Pembelajaran elektronik pada matematika. Lentera Jurnal Pendidikan, 8(1).
Kurniawan, A., & Mahmudah, F. N. (2020). Pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menengah kejuruan. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(02), 184–196. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1156
Lande, A. (2020). Persepsi mahasiswa pendidikan kewarganegaraan universitas tadulako terhadap perkuliahan online di masa pandemi covid 19. Jupris: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 209–226. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. UI Press.
Nuryanti, B. L. (2009). Model pembelajaran e-learning melalui homepage sebagai media pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat dan kreativitas siswa. Jurnal ABMAS (Media Komunikasi Dan Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat), 9(1), 1–7. http://jurnal.upi.edu/file/Lena.pdf
Pangestu, R. F. (2019). Pengaruh pemanfaatan e-learning besmart sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar mahasiswa teknologi pendidikan. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 9(5), 507–517. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/article/view/18201
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Ringo, S. S., Boiliu, E. R., & Manullang, J. (2021). Studi deskriptif penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here dalam upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan agama kristen tingkat SMA. Jurnal Educatio, 7(4), 2020–2035. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599
Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637
Santoso, B. P., Noertjahyana, A., & Andjarwirawan, J. (2020). Implementasi distributed database pada learning management system menggunakan platform redhat ppenshift. Jurnal Infra, 8(2), 73–77. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/10501
Septiana, Y. (2020). Persepsi mahasiswa tentang implementasi blended learning pada mata kuliah strategi pembelajaran akuntansi. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 213–221. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.40258
Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 59–70. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31562
TIM PUSKOM, U. (2016). Modul pelatihan e-learning dasar. Universitas Negeri Yogyalarta. https://doi.org/10.52829/pw.310
Tsabitah, S. D., Prharsari, D., & Wijoyo, S. H. (2022). Analisis kualitatif implikasi information overload pada pengguna social networking sites (SNS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 802–808. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10607/4705
UPT TIK, U. (2021). Petunjuk penggunaan besmart v3. https://fbsb.uny.ac.id/sites/fbsb.uny.ac.id/files/Petunjuk Penggunaan Besmart v3 Bagi Dosen_Rev1-dikompresi_compressed-min %281%29 %282%29 %281%29.pdf
DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i1.17585
Refbacks
- There are currently no refbacks.