Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik oleh Bidang Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sidoarjo

Moch Taufik Ariansyah, Yatim Riyanto, Alim Sumarno

Abstract


Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya dalam bentuk finansial, manusia, serta informasi suatu organisasi untuk mencapai sasarannya. Seperti yang tertuang pada definisi manajemen, terdapat empat kegiatan yang membentuk proses manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Dalam ilmu manajemen memiliki beberapa substansi, salah satunya adalah manajemen pendidikan yaitu serangkaian kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, memotivasi, mengendalikan, dan mengembangkan segala upaya di dalam mengatur dan mendayagunakan sumber manusia, sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif, efisien, dan produktif. Dalam manajemen pendidikan memiliki substansi juga, salah satunya adalah manajamen peserta didik yakni wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan diri seoptimal mungkin, baik yang berkenaan dengan segi-segi individualitasnya, segi sosialnya, segi aspirasinya, segi kebutuhannya dan segi potensi peserta didik lainnya. Dalam hal memanajamen peserta didik untuk meningkatkan prestasi non-akademik yang dilakukan oleh Bidang Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Prestasi non akademik adalah prestasi yang diperoleh sebagai hasil dari pencapaiannya diluar dari nilai mata pelajaran yang telah ditetapkan di sekolah atau suatu prestasi yang didapatkan diluar kelas. Upaya mengembangkan prestasi non akademik itu dengan mengadakan sebuah kegiatan ajang kreasi peserta didik dan ajang kreativitas peserta didik dalam membuat sebuah konten literasi digital di era teknologi yang pesat ini. Sebuah program kegiatan yang dilaksanakan adalah Sidoarjo Student Talent dan Festival Literasi Sidoarjo tahun 2023. Kegiatan tersebut dapat membantu dalam membina serta mengembangkan minat dan bakat peserta didik juga agar dapat meraih sebuah prestasi non-akademik. Dengan mengikuti kegiatan tersebut para peserta didik mendapatkan pengalaman yang berbeda, unik dan menarik.


Keywords


Manajemen; Manajemen Pendidikan; Manajemen Peserta Didik; Prestasi Non Akademik; Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Manullang, M. (2012). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Rodiyah. (2015). Manajemen Pendidikan - Sebuah Konsep dan Aplikasi. Jember : IJ Press.

Bunyamin. (2022). Manajemen Pendidikan. Jakarta : PT. Usaha Terpadu UHAMKA.

Sherly, dkk. (2020). Manajemen Pendidikan - Tinjauan Teori dan Praktek. Widina Bhakti Persada: Bandung.

Nudin, Burhan. (2022). Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Rudi, Hasrian. (2021). Manajemen Peserta Didik - Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan. Medan : UMSU Press.

Kusumaningrum, dkk. (2017). Manajemen Peserta Didik. Malang : UM Press.

Rifa’i, Muhammad. (2018). Manajemen Peserta Didik - Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran. Medan : CV. Widya Puspita.

Riyanto dan Oktariyanda. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya : Unesa Unipress.

Sugiyono. (2013). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Alfabeta: Bandung.

Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Raharjo, dkk. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bawasyir, Sholeh. (2018). Implementasi Budaya Mutu dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di SMA Al-Hikmah Surabaya. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 0 No. 0.

Kusuma, dkk. (2016). Manajemen Mutu Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 5.

Ragam Sidoarjo. Sidoarjo News Website: https://sidoarjonews.id/profil-kabupaten-sidoarjo/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Website: https://dapo.kemdikbud.go.id

Tim Muri Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Muri.org Website: https://muri.org/Website/Rekor_detail/unggahanvideomelaluiyoutubekaryagurudansiswaterbanyakpadatingkatkabupaten-




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i2.17852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.