Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Guru di SMP Negeri 1 Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang

Rusnita Simanjuntak, Indra Prasetia

Abstract


The purpose of this study was to determine the leadership style of the principal of SMP Negeri 1 Kutalimbaru and the empowerment carried out by the principal of SMP Negeri1 Kutalimbaru. This research uses a qualitative approach method. The data collection technique of this research is through observation, interview, documentation and questionnaire. The results showed that the principal of SMP Negeri 1 Kutalimbaru applied democratic leadership in carrying out his duties, the principal made his subordinates a team to work together in running school programmes. The principal always supports teachers to attend trainings to improve their knowledge and skills, the principal openly accepts ideas and input from subordinates. The principal gives freedom to teachers in designing appropriate learning methods, encourages teachers to share ideas and good practices such as the driving teacher in the school sharing the good practices they have obtained with teachers in SMP Negeri 1 Kutalimbaru. Teachers who have been empowered by the principal feel valued and feel more enthusiastic about attending training that will increase their knowledge and skills in learning, thus motivating students to be more active in classroom learning.


Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pemberdayaan Guru

Full Text:

PDF

References


Agustina, E., & Chiar, M. (2016). Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(10).

Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1),

Aksanul In’am. 2015. Kebijakan Pemberdayaan Guru, Penerbit Percetakan Pohon Cahaya, Yogyakarta.

Burhanuddin. (1994). Analisis Administrasi,Manajemen dan Kepemimpinan Guru di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Dagan, D. (2020). Upaya Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah Guna Meningkatkan Prestasi Kerja Yang Optimal Pada Sd Negeri Tumbang Kalemei: Teacher Empowerment Efforts By The School Head To Improve Optimum Work Achievement In Sd Negeri Tumbang Kalemei. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 70-78.

Davis, Keith, & Newstrom, W., John. (1995). Human Behavior At Work: Organizational Behavior. New York: McGraw Hill International

Fahma, A. (2021). Evaluasi Program Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Evaluatif pada MTs. Muallimin UNIVA Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Fauzia, F. A., Dongoran, J., & Sundari, O. (2020). Gambaran Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Kerja Karyawan Sales Force Cv. Perkasa Telkomselindo Salatiga. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 511-536.

Harahap, L. S., & Prasetia, I. ( 2021 ). Pengaruh Pemberdayaan, Kualitas Kehidupan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK Di Padang Lawas. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 2(3), 91-95

Haryanto, A. (2021). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu Di Sd Mutual 1 Dan Sd Mutual 2 Kota Magelang (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Hattahin, H. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemberdaya Sumberdaya Manusia (Sdm) Di Sma Berbasis Islam Bangkalan Madura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Hafidulloh, H., Iradawaty, S. N., & Mochklas, M. (2021). mManajemen Guru: Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru.

Hulmiati, M. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Guru Dan Tenaga Kependidikan Di SMAN 1 Narmada. Jurnal Cahaya Mandalika, 2(1), 1-8.

Indahwati, Y. D. (2018). Strategi Kepala Sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MA Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Lowokwaru Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Kidam, K. (2018). Pengaruh Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah dan Kompetensi Paedagogik Guru terhadap Produktivitas Mengajar Pada Sekolah Menengah Pertama Komisariat Parung Kabupaten Bogor (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Maharani, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Edeal. Osf. Id, 409.

Mulyasa, H. E, 2018. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Nurfarida, S. F., & Minsih, S. A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Program Pengembangan Sekolah Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik, UMSU Press

Prasetia, I. ( 2023 ). Administrasi Pendidikan: Teori, Riset dan Praktik

Rivai, Veithzal. (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Samosir, L,H., Sulsami, E & Prasetia, I (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kreativitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 4(2), 19-128

Sabrina, R. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (Vol. 1). umsu press.

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75-84.

Setiawan, D. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SLB. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1), 177-182.

Sinaga, R. E. B., Prasetia, I., & Sulasmi, E. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional, Budaya Akademik Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(1), 49-58

Soerjono Soekanto, Sosiologi: Suatu Pengantar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,Cet. ke-37, 2004, hal. 294

Sofi'i, I. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Penerbit Adab.

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57-65.

Sudarma, M. (2007). Pemberdayaan Guru Melalui Vitalisasi Beban Kerja. dalam Jurnal Educare, 1.

Sudarma, M. (2013). Profesi guru: dipuji, dikritisi, dan dicaci. PT RajaGrafindo Persada.

Sulasmi, E. (2021). Manajemen dan Kepemimpinan-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Tjiptono, Fandy. Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta. Guritno,Bambang dan Waridin. Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja. Jurnal Riset Bisnis Indonesia Vol.1 No.1, 2006, hal. 63-74

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wardana, N. (2019). Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Guru: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 20(1).

Wijaya., Prasetia, I &Dongoran, F.R. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Visioner, Suasana Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen STMIK Binjai. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT]. 4(3). 317-326




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i2.19246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.