Manajemen Mutu Pendidikan Islam Unggul dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Metode Ummi SD Qur’an Utrujah Pamekasan

Khoirina Badriyah, Rudiyanto Rudiyanto, Iik Timamah, Ali Nurhadi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menggali tentang manajemen kualitas pendidikan Islam unggul dalam program tahfidz al-Qur'an menggunakan metode Ummi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan fokus pada SD Qur'an Utrujah Pamekasan. Hasil penelitian ini mengungkapkan program tahfidz al-Qur'an dengan penerapan metode Ummi. Metode Ummi merupakan cara belajar Al-Qur'an yang menekankan kemudahan dan kenyamanan dalam menghafal, dengan pendekatan yang sistematis dan terstruktur. Program ini dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pendidikan agama yang mendalam serta menyenangkan bagi peserta didik. Strategi manajemen untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dapat digunakan oleh guru adalah strategi POAC (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengendalian). Dalam penerapannya, guru mengikuti sepuluh pilar Ummi Foundation. Setiap pilar memiliki peran penting dalam memastikan kualitas dan efektivitas program tahfidz, termasuk manajemen yang baik, sertifikasi guru, proses pembelajaran yang tepat, target yang jelas, pembelajaran yang konsisten, alokasi waktu yang memadai, rasio guru dan siswa yang seimbang, pengendalian internal dan eksternal, laporan perkembangan siswa, serta koordinator yang handal.

Keywords


Manajemen, Mutu pendidikan, Tahfid Al-Qur’an, Metode Ummi

Full Text:

PDF

References


Al Muiz, M. N. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode Ummi Di Pesantren Pelajar Al-Fath Kediri. Edudeena: Jurnal Of Islamic Education, 86. doi:https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.518

Asrita, R. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, 11(02), 161. doi: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v11i2.13072

Elok, A. B. (2023). Menguak Potensi Pengembangan Kurikulum Melalui Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 297. doi: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v9i2.27570

Fauzi, H. N. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabillah Sleman. Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 133. doi:https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.2419

Fiantika, F. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Hernawan, D. (2018). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 29. doi: https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751

Irsyadiyah. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Perpsektif Pendidikan Islam. Rausyan Fikr, 16(1), 76.

Irsyadiyah, Al. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Perpsektif Pendidikan Islam. Rausyan Fikr, 16(1), 76.

Ismah. (2020). Manajemen Kelembagaan Pendidikan Islam. Al-Munqidz, 8(3), 377. doi:https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/amk

Ismiati, U. S. (2023). Pendampingan Santri Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Metode Ummi Di Desa Ciseureuh. Sivitas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 51. doi: https://doi.org/10.52593/svs.03.1.05

Kulsum, U. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Lampung: Institut Agama Islam An Nur.

Machfudz. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Mulyadi, M. I. (2021). Membangun Semangat Mahasiswa Pascasarjana IAIN Madura Dalam Mata Kuliah Filsafat Dan Pemikiran Pendidikan Islam (Fokus: Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif MBKM). Jurnal Al Qodiri Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 477.

Musfah, H. A. (2019). Pendidikan Islam Memajukan Umat Dan Memperkuat Kesadaran Bela Negara. Jakarta: Kencana.

Nobisa, J. U. (2021). Pengunaan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Al-Fikrah, 4(1), 48. doi:https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.110

Ruqoyyah, W. (2023). Supervisi penerapan metode ummi dalam meingkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an. Tarbiyatuna : jurnal pendidikan ilmiyah, 8 (3), 138. doi:https://doi.org/10.55187/tarjpi.v8i2.5427

Sabiq, A. F. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Tahfizh. JoIEM: Journal of Islamic Education Management, 45. doi:https://doi.org/10.30762/joiem.v2i1.3152

Saputra, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Ummi Di SD Muhammadiyah Asean Batam. Jurnal Dimensi, 8(3), 538. doi:https://doi.org/10.33373/dms.v8i3.2219

Sarwoedy, T. N. (2023). Manajemen Supervisi Pendidikan Islam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Konteks Modern. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Suci, R. A. (2023). Peningkatan Hafalan Juz 30 Metode Ummi Di Pondok Pesantren Ar-Roudotussibyan. Jurnal Abdikarya, 5(1), 68. doi:https://doi.org/10.47080/abdikarya.v5i1.2511

Syamsuddin, A. (2019). Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Pesantren. Malang: UIN Maliki Press.

Thoha, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam:Konseptual Dan Operasional. Surabaya: Pustaka Radja.

Yaqin, N. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam, 3(2), 93. doi:https://doi.org/10.58518/madinah.v3i2.178




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i3.20045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.