Efektivitas Program Guru Penggerak Bagi Peningkatan Kompetensi Guru (Studi Kasus di SMK Negeri 7 Medan)

Friska Deliana Purba

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru penggerak dan menganalisis efektivitas program guru penggerak bagi peningkatan kompetensi pedagogik dan kepemimpinan   guru di SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengedepankan pendekatan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Analisis data menggunakan triangulasi antara sumber data untuk menguatkan simpulan yang diperoleh dalam penelitian. Penelitian diawali dengan mengumpulkan data kualitatif tentang kompetensi pedagogik dan  kepemimpinan guru SMK Negeri 7 Medan sebelum dan sesudah mengikuti Pendidikan guru penggerak melalui wawancara. Hasil temuan penelitian diperoleh bahwa program Guru Penggerak sudah efektif bagi peningkatan kompetensi pedagogik dan Kepemimpinan Guru di SMK Negeri 7 Medan, dan dari hasil observasi dan wawancara terlihat adanya peningkatan kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru  setelah mengikuti program ini yang berarti terdapat perbedaan yang nyata antara kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru sebelum mengikuti Pendidikan dan sesudah mengikuti Pendidikan guru penggerak. Setelah mengikuti program guru penggerak, guru penggerak mampu melakukan inovasi dalam pembelajaran, menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid dan pemimpin dalam komunitas praktisi di SMK Negeri 7 Medan.


Keywords


efektivitas, guru penggerak, kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2020). Sukses Uji Kompetensi Guru. Bandung: Yrama Widya.

Ban, C, and S. R. Faerman. (1990). Issues in the Evaluation of Management Training.” Public Productivity & Management Review, Spring

Bienbrauer, H. (1987). Trouble Shooting Your Training Program.” Training and Development Journal

Budiani, Ni Wayan. (2007). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Bali. Jurnal Ekonomi dan Sosial, Vol.2, No.1, 2007

Danim, Sudarwan. (2015). Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Prenada Media Group

Didin, K & Imam, M. (2014). Manajemen Pendidikan: Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fuad, Anis. (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yoyakarta: Graha Ilmu

Hasibuan, Malayu. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Indrawijaya, A.I. (2010). Teori, Perilaku, dan Budaya Organsasi. Bandung: Refika Aditama

Makmur. (2011). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Jakarta: PT Refika Aditama

Musfah, Jejen. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru (Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik). Jakarta: Kencana.

Mutohar, Prim Masrokan. (2013). Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu Dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-ruzz media

Prasetia, I. (2021). Metodologi Penelitian. UMSU Press, Medan.

Prasetia, I. (2023). Adminsitrasi Pendidikan : Teori, Riset dan Praktik. UMSU Press.

Prasetia, I. (2023). Academic Supervision and Professional Performace of State High School Teachers. Education Quarterly Reviews, 6(3), 75-83.

Prasetia, I., Akrim & Sulasmi, E. (2020). Effective Competency Based School Model. Jurnal Tarbiyah 27 (1), 232-243

Pratiwi, Sri Nurabdiah. (2020). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Pendidikan di Era 4.0”. Jurnal Edu Tech Vol. 6 No. 1 Maret.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish

Simanjuntak, R & Prasetia, I (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Guru di SMP Negeri 1 Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 5(2), 261-269.

Streers, R.M. (1985). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Indonesia

Tannady, Hendy. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Expert

Widjaja. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rieneka Cipta.

Yovani, R.S., Pratiwi, S.N & Prasetia, I. (2023). Efektivitas Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Guru Berbasis Kompetensi di Balai Besar Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 4(1), 78-87.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i3.20106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.