Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Standar Mutu Pendidikan di UPTD SPF SMP Negeri 1 Danau Paris Kabupaten Aceh Singkil

efendi efendi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui fungsi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan UPTD SPF SMP Negeri 1 Danau Paris, 2). Fungsi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan standar sarana dan prasarana UPTD SPF SMP Negeri 1 Danau Paris. 3) Untuk mengetahui dampak peningkatan standar pendidik dan tenaga kependidikan serta sarana dan prasarana dalam meningkatkan standar mutu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dan jenis penelitian berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Fungsi manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah di UPTD SPF SMP Negeri 1 Danau Paris menggunakan 4 (empat) fungsi manajemen menurut George R. Terry yakni POAC (planning, Organizing, Actuating and Controlling). 2). Fungsi manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah pada standar pendidik dan tenaga kependidikan sudah dilakukan dengan baik. 3) Peningkatan standar pendidik dan tenaga kependidikan serta standar sarana dan prasarana menjadi faktor yang sangat penting dalam meningkatkan standar mutu di UPTD SPF SMPN 1 Danau Paris. Manajemen yang  didukung kolaborasi bersama dan dibangun dengan solid dalam mengupgrade kompetensi serta profesionalisme dengan mengedepankan kedisiplinan serta tanggungjawab dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing menjadi pondasi yang kokoh bagi peningkatan mutu pendidikan disekolah.


Keywords


Manajemen Kepala sekolah, Standar Mutu

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2021). Manajemen Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Guru. 2 (1).

Aktar, S.,dkk. (2022). Kinerja kepala sekolah dalam implementasi Program manajemen berbasis sekolah ( Studi Kasus di SMP Negeri 14 Binjai), Jurnal Guru Kita. 6 (2).

Amiruddin T., dkk (2021). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: K-Media.

Amini., dkk. (2021). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 13 Binjai. Jurnal, JGK (Jurnal Guru Kita). 6 (1).

Arifin, M., dkk. (2020). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh Untuk Millenial. Sukabumi: Haura Publishing.

Arifin, M. dkk. (2017). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Medan: UMSU Press.

Azmi, U. (2018). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman. 18 (2).

Azzahra, D. (2022) . Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTS Ibnu Sina Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8 (2)

Baharu, H. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan, Ikhtiar dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui pendekatan Balanced Scorecard. Tulungagung : Akademia Pustaka.

Bungin, B. (2012). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Emilda, S. (2020). Manajemen dan Kepemimpinan. Depok : Rajawali Pers.

Elfrianto. (2016). Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Edutech Volume. 2 (2).

Ellianis. (2022). Manajemen kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar negeri 004 kecamatan salo Kabupaten Kampar. Jurnal Manajemen Pendidikan. 10 (1)

Fitrah, M., dkk. (2017). Metode Penelitian, Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat : CV Jejak.

Handayani., dkk. (2018). Akreditasi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan dan Mutu Satuan Pendidikan. Jakarta : Puslitjakbud.

Lisnawati, R. (2017). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktek), 2 (2)

Mulyasa, E. (2018). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Panggabean, TJ., (2016). School Principal Management in an Effort to Increase Achievement in Elementary Schools", Equatorial Education and Learning. Journal (JPPK). 5 (4).

Prasetia, I.(2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktek. Medan : UMSU Press.

Prasojo, L. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Samosir, L.H., Sulasmi, E., Prasetia, I. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kreativitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi. 4(2), 119-128.

Sihite, M. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam mengembangkan sekolah berbasis teknologi di SMPN 5 satu atap kerajaan pardomuan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran UMSU. 3 (2).

Sirait, H., Prasetia, I., Amini. (2023). Efektivitas Manajemen Sekolah Dalam Mengimplementasikan Diversifikasi Kurikulum (Studi Kasun di SMP Negeri 2 Kota Sibilga). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, 4(2) 114-120

Sormin, D. (2017). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Muhammadiyah 29 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman. 2 (1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Suvriadi., dkk. (2022). Pengantar Manajemen Pendidikan. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Syafaruddin., dkk. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Medan : CV Pusdikra Mitra Jaya.

Thoha, M. (2013). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Tukiran, M. (2021). Total Quality Management untuk organisasi pendidikan. Yogyakarta : PT. Kanisius.

Zahiq, M. (2022). Manajemen kepala sekolah sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam. 6 (1).

Zulti, E. (2022). Manajemen kepala sekolah sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru”. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam. 6 (1)




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i3.20109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.