Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Dampaknya terhadap Manajemen Sekolah di SMKS 2 Taman Siswa Pematang Siantar

Ratnasari Ratnasari, Emilda Sulasmi

Abstract


Principals are central to educational leaders who have a policy to be able to lead a school to achieve predetermined goals. The results of the study, the principal's style at SMKS 2 Tamansiswa Pematangsiantar in leading his school uses a positive leadership style, namely democratic. For the implementation of school management at SMKS 2 Tamansiswa Pematangsiantar obtained an average presentation of 86%, meaning that it has a high interpretation with a good category. This shows that SMKS 2 Tamansiswa Pematangsiantar has carried out management functions well. The contribution given by the principal's leadership style (X) to school management (Y) is 0.733 including in the strong category, so there is a strong and positive influence between the principal's leadership style on school management at SMKS 2 Tamansiswa Pematangsiantar.

Keywords


Gaya Kepemimpinan kepala sekolah, manajemen sekolah

Full Text:

PDF

References


Adam, Adlan. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Gondokusuman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Akrim, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Observatorium. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 1-10.

Anggara, dkk. (2019). Metode Penelitian. Pamulang: UNPAMPRESS.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashlan, Hambali dan Hartati, Tengku. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Beprestasi Guru. Pasaman: CV. Azka Pustaka.

Bush, T. (2011). Theories of Educational Leadership and Management. 4th Edition.London: Sage Publications, Ltd.

Creswell, J. W. (2008). Educational Research (Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitativer Research) Third Edition. Canada: New Jerse

Danim, S. Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinham, S. (2005). Principal Leadership for Outstanding Educational Outcomes. Journal of Educational Administration

Ekosiswoyo, R. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Jurnal Ilmu Pendidikan. 14, (2), 76-82.

Ernie Tisnawati Sule, & Kurniawan Saefullah. (2006). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Gultom, S. W., Amini, A., & Isman, M. (2024). Manejemen implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, 5(4). https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i4.21585

Fahmi. (2012). Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Hamalik, Oemar. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Hasibuan, M.S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hani, T. Handoko. (2000). Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryono, Siswoyo. (2013). Teori Budaya Organisasi & Kepemimpinan. Bekasi: PT. Intermedia Personalia Utama.

Hidayat, M. (2024). Student's Perception of the Effectiveness of Teacher Communication in Guiding Problem-Based Learning Projects. Persepsi: Communication Journal, 7(2), 148-156

Hikmat. (2009). Manjemen Pendidikan Cetakan I. Bandung: Pustaka Setia.

Jacobson, S. L., Day, C., & Leithwood, K. (2005). Understanding Successful Principal Leadership: Progress on a Broken Front. Journal of Educational Administration.

Jonathan Sarwono. (2011). Mixed Methods: Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kartono, Kartini. (2008). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marks, H. M., & Printy, S. M. (2003). Principal Leadership and School Performance: An Integration of Transformational and Instructional Leadership. Educational administration quarterly, 39(3), 370- 397

Moeljono, D. (2003). Beyond Leadership 12 Konsep Kepemimpinan. Jakarta: Gramedia.

Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie.

Junni Doni dan Somad Risni. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Lazaruth, Soewadji. (2007). Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Lubis, Syaifuddin, dkk (2018). Pengantar Mnajemen. Penerbit Madenatera

Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Mutu (Studi Multi Kasus di Madrasah Terpadu MAN 3 Malang).

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007, Nomor 19 Tahun 2007 dan Nomor 28 Tahun 2010, tentang kemampuan manajerial kepala sekolah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 13 Tahun 2007. Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 19 Tahun 2007. Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 28 Tahun 2010. Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Jakarta

Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah.

Pianda, Didi. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jawa Barat: CV. Jejak.

Prasetia, Indra. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik. Medan: UMSU Press.

Prasetiyo, E. J., Ratnasari, S. L., & Hakim, L. (2020). Analisis gaya kepemimpinan, komitmen organisasional, budaya organisasi, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Jurnal Daya Saing, 9(2) DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2531

Pratiwi, Sri Nurabdiah. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Jurnal Edu Tech Vol.2 No.1 Maret 2016.

Purwanto, Ngalim. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Riantoni Iskandar, Nehru, Cicyn. (2021). Metode Penelitian Campuran: Konsep, Prosedur dan Contoh Penerapan, Pekalongan: Nasya Expanding Management.

Rivai, Veithzal. (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, SP & Judge. (2017). Perilaku Organisasi Cetakan Keenam. Jakarta: Salemba Empat.

Rohiat.2010. Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Sagala, Syaiful. (2011). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Simbolon, R. (2024). Literature Study: Integration of Ethnomathematics in Mathematics Learning in Schools. JMEA: Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 70-76.

Slamet. (2010). Konsep dan Pelaksanaan Manajemenn Berbasis Sekolah. SMK-BI. Materi Kuliah Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: FT Sipil UNY.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2014. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan). Bandung: PT Refika Aditama.

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sutikno, M. Sobry. (2014). Pemimpin Dan Kepemimpinan. Lombok: Holistica.

Sutrisno, Edy. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Terry, George R. dan Leslie W. Rule. (2009). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UII. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. (2010). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tua, Nasib Lumban Gaol. (2017). Teori dan Implikasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol:4, NO.2 Juli Desember

Turnip, Candra Tiodora. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kristen 2 Klaten Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang - Undang No. 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pres

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta,

Wijaya, Chandra dan Rifa’i, Muhammad. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efisien. Medan: Perdana Publishing.

Yulk, Gary. (2001). Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Indeks.

Yusuf A, Muri. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zainal., Veithzal Rivai., Hadad, M.D., dan Ramly. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Keempat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v6i1.22586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.