Pola Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Pengasuhan di Pondok Pesantren Darularafah Raya Kabupaten Deli Serdang
Abstract
ABSTRAK
Pola Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Pengasuhan di Pondok Pesantren Darularafah Raya Kabupaten Deli Serdang . Manajemen pengasuhan di lingkungan pesantren memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian santri. Penerapan prinsip-prinsip manajemen yang baik dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mendukung proses pendidikan dan pembentukan akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penerapan prinsip-prinsip manajemen pengasuhan di Pondok Pesantren Darularafah Raya Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Penerapan prinsip-prinsip manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan telah dilakukan dengan baik untuk menciptakan lingkungan pengasuhan yang harmonis. Hal ini terlihat dari pembagian tugas yang jelas antara pengasuh, guru, dan pengelola pondok pesantren. (2) Fokus utama pengasuhan adalah pembentukan akhlak dan disiplin santri melalui kegiatan rutin seperti pengajian, salat berjamaah, dan program pendampingan. (3) Pendekatan personal dan spiritual menjadi bagian penting dalam membangun hubungan yang erat antara pengasuh dan santri, yang berkontribusi pada pembentukan karakter yang kuat dan tangguh. Penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan kebutuhan untuk meningkatkan pelatihan bagi pengasuh. Oleh karena itu, direkomendasikan agar pondok pesantren terus meningkatkan kualitas manajemen pengasuhan melalui pelatihan berkelanjutan, penyediaan fasilitas yang memadai, serta penguatan komunikasi antara pengasuh, santri, dan orang tua. Dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen yang baik, Pondok Pesantren Darularafah Raya dapat terus menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam mencetak generasi yang berakhlak mulia dan berdaya saing.
Kata Kunci : Pola penerapan, prinsip, manajemen pengasuhan
ABSTRAK
Pola Penerapan Prinsip Manajemen Pola Asuh di Pondok Pesantren Darularafah Raya Kabupaten Deli Serdang. Manajemen pola asuh di lingkungan pondok pesantren mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian santri. Penerapan prinsip manajemen yang baik dapat menciptakan lingkungan yang mendukung guna mendukung proses pendidikan dan pembentukan akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penerapan prinsip manajemen pola asuh di Pondok Pesantren Darularafah Raya Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa: (1) Penerapan prinsip manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan telah terlaksana dengan baik sehingga tercipta lingkungan pola asuh yang harmonis. Hal ini terlihat dari adanya pembagian tugas yang jelas antara pengasuh, guru, dan pengelola pondok pesantren. (2) Fokus utama pola asuh adalah pembentukan akhlak dan disiplin santri melalui kegiatan rutin seperti kajian agama, shalat berjamaah, dan program pendampingan. (3) Pendekatan personal dan spiritual penting dalam membangun hubungan yang erat antara pengasuh dan santri, yang berkontribusi pada pembentukan karakter yang tangguh dan tangguh. Penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan perlunya peningkatan pelatihan bagi pengasuh. Oleh karena itu, disarankan kepada pondok pesantren untuk terus meningkatkan kualitas manajemen pengasuhan melalui pelatihan yang berkelanjutan, penyediaan fasilitas yang memadai, dan penguatan komunikasi antara pengasuh, santri, dan orang tua. Dengan menerapkan prinsip manajemen yang baik, Pondok Pesantren Darularafah Raya dapat terus menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam mencetak generasi yang berakhlak mulia dan berdaya saing.
Kata Kunci: Pola penerapan, prinsip, manajemen perawatan .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akrim, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Observatorium. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 1-10.
Al, M., Grabag, K., & Listiani, D. (2024). Pola Pengasuhan Melalui Penerapan “Iffah” dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Pada Santri Pondok Putri. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3593–3600.
Ali, K. M., Imtihana, A., Ismail, F., & Zaini, H. (2018). Penerapan Pola Asuh Terhadap Santri Di Pondok Pesantren Al-Amalul Khair Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 279. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1797
Endaryono, B. T., Qowaid, Q., & Robihudin, R. (2020). Pola Asuh Pendidikan Pesantren Terhadap Perkembangan Afektif Anak di Pondok Pesantren Al Qohhariyah Kabupaten Bogor. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 314–325. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.785
Fadli, M. R (2021). Memahami Desain Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Gultom, S. W., Amini, A., & Isman, M. (2024). Manejemen implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, 5(4). https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i4.21585
Hasanah, M. N., & Saputri, L. D. (2024). Pola Pengasuhan Santri Remaja dalam Memperkuat Budaya Akhlakul Karimah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 679–691.
Hasibuan, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. (Cetakan Pertama, Vol 5). Medan: CV. Tahta Media Group.
Hidayat, M. (2024). Student's Perception of the Effectiveness of Teacher Communication in Guiding Problem-Based Learning Projects. Persepsi: Communication Journal, 7(2), 148-156.
Ka, Sellang, M. D. (2017). Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen dalam Kepemimpinan di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Muhammadiyah Rappang. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 13(3), 469–477. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/akmen/article/view/84
Prasetia, I. (2023). Administrasi Pendidikan: Teori, Riset dan Praktik. Medan. UMSU Press.
Rakhmawati. (2013). Pola Pengasuhan Santri di Pondok Pesantren dalam Mengantisipasi Radikalisme: Studi pada Pesantren Ummul Mukminin dan Pondok Madinah. Jurnal Diskursus Islam, 1(1), 36–55.
Rama, A., Giatman, M., Maksum, H., & Dermawan, A. (2023). Konsep Fungsi dan Prinsip Manajemen Pendidikan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 130. https://doi.org/10.29210/1202222519
Simanjutak, R dan Prasetia, I. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Guru di SMP Negeri 1 Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang. Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, 5(2), 157-165.
Simbolon, R. (2024). Literature Study: Integration of Ethnomathematics in Mathematics Learning in Schools. JMEA: Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 70-76.
Syahputra, D. R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 51–56.
Turridho, A., & Yulia, F. (2023). Manajemen Pengasuhan Santriwati Dalam Menerapkan Peraturan di Pondok Pesantren Mawaridussalm Batang Kuis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 192–200.
Winarto. (2020). Manajemen Pengasuhan Santri Dalam Bentuk Karakter Di Pondok Pesantren Anharul Ulum Kademangan Kabupaten Blitar emen. Al Ibtida’, 08(02), 38–57.
DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v6i1.22905
Refbacks
- There are currently no refbacks.