Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah Dasar Negeri 2 Rimo Gunung Meriah Aceh Singkil
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Sekolah Dasar Negeri 2 Rimo Gunung Meriah Aceh Singkil. Jenis penelitian mix mtode dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Kepala Sekolah Dasar Negeri 2 Rimo Gunung Meriah Aceh Singkil juga dapat menjadi pendengar yang baik bagi para guru yang menghadapi masalah dan memerlukan perhatian dan pemecahan masalah. Kepala sekolah Dasar Negeri 2 Rimo Gunung Meriah Aceh Singkil dalam melaksanakan peningkatan profesionalisme guru dengan mengadakan dan mengikutsertakan guru dalam forum ilmiahyakni pendidikan dan latihan juga bermanfaat bagi guru untuk memperoleh informasi baru yang berkaitan dengan pendidikan, pengajaran, metode-metode yang baru dalam bidang pembelajaran, kedua studi lanjut yakni meningkatkan kualifikasi akademik seorang guru lebih-lebih bagi guru yang akan mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan dan ketiga supervisi oleh kepala sekolah untuk melihat kelengkapan berkas program pembelajaran guru yang berkaitan dengan kurikulum guru, didalamnya silabus, RPP dan penilaian. Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah Dasar Negeri 2 Rimo Gunung Meriah Aceh Singkil memberikan kebebasan pada para guru untuk berinspirasi dan berkolaborasi dalam menyampaikan ide-ide, menjadi pendengar yang baik bagi para guru yang menghadapi masalah dan memerlukan perhatian dan pemecahan masalah, memberikan contoh perilaku yang baik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akrim, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Observatorium. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 1-10.
Amini, Damanik, K., Bahri, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (1).
Amini, Mega Pati Aritonang, Indra Prasetia (2021). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Smp Negeri 13 Binjai. Jurnal Guru Kita, 6 (1)
Bakrie. (2023). Serambi News. https://aceh.tribunnews.com/2020/01/05/potret-dunia-pendidikan-di-aceh-singkil-mereka-terpaksa-menulis-sambil-jongkok-di-lantai-kelas.
Depdiknas. (2005). Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis. Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT DirjenDikti.
Dessler, G. (2017). Human Resource Management. Pearson Education.
Dita, P.W., dkk. (2020). Analisis Kepemimpinan Kepala sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu vol 6 (5)
Emilda, & Tati Murni,. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Yayasan Sinar Husni Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 2 (3).
Frank, E.S., Prasetia, P., & Elfrianto (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (studi diSMA Negeri 2 Pematangsiantar). Jurnal Pendidikan Rokania, 6(3)
Gultom, S. W., Amini, A., & Isman, M. (2024). Manejemen implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, 5(4). https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i4.21585
Hamalik, Oemar. (2018), Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hardono. Haryono. Amin yusuf. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Education Management, 6 (1).
Hasibuan, M. (2017). Organisasi dan Motivasi Dasar PeningkatanProduktivitas. Jakarta: Bumi Aksara
Hidayat, M. (2024). Student's Perception of the Effectiveness of Teacher Communication in Guiding Problem-Based Learning Projects. Persepsi: Communication Journal, 7(2), 148-156.
Jansen, Sinamo. (2017). Etos Kerja Profesional. Jakarta: PT. Spirit Mahardika.
John W. Creswell, (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Miles M,. B, Huberman, A. M dan Saldana, 2014. Qualitative Data Analysis, A Methodes Sourcebooks edition 3 USA: Sage Publication terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI – Press
Muchlas, Saimin. (2009). Manajemen Sekolah Panduan Praktis Pengelolaan Sekolah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan ImplementasiKurikulum 2013. Bandung: RemajaRosdakarya
Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nova, L.H, Akrim., & Prasetia, P. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Al-Wasliyah Pasar Senen Medan. Alignment: Journal of Administration and Educational ManagementVol 5 (1)
Pasolong, Harbani. (2017). Teori Administrasi Publik. ALFABETA.
Prasetia, I, Melvayetty, S., & Dewi, R. (2020). The Effect of Transformational Leadership and Academic Optimism Culture on Teacher Empowerment and Motivatioan Along Its Impact on the Effectiveness of Medan State Junior High School.IJLRES - International Journal on Language, Research and Education Studies. Vol. 4, No. 2, hal 276 - 290
Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi. (2020). E. EfectiveCompentency Based School Model. JurnalTarbiyah, 27(1)
Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian. Medan : UMSU PRESS
Rosalina, V., & Bradley, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal ilmiah pendidikan vol 2(1).
Roudhatul, A.J.K. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Biaya Pendidikan, Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Sedarmayanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan ProduktivitasKerja,Bandung: Ilham Jaya
Simbolon, R. (2024). Literature Study: Integration of Ethnomathematics in Mathematics Learning in Schools. JMEA: Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 70-76.
Siti, N., Ali, N.B., & Harun, Z.H., & Djailani, A.R. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sd Negeri Lambaro Angan. Jurnal administrasi Pendidikan vol 3 (2).
Slameto.(2019). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. EdisiRevisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarwan, Danim, (2019). ManajemenKepemimpinanTransformasional. Kekepala sekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono.(2018). Metode penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suhardiman, Budi. (2011). Studi Kinerja Kepala Sekolah (Analisis Pengaruh Faktor Rekrutmen, Kompetensi, dan Sistem Kompensasi Terhadap Kinerja Kepala SMP dan Dampaknya Terhadap Kinerja Sekolah di Kabupaten Garut. Portal Jurnal Vol 2
Supardi. (2018). Sekolah Efektif : Konsep Dasar dan Praktiknya Edisi : Cet.2. Terbitan: Jakarta, Rajawali Pers
Suryadhiningrat, Tjutju Y., & Janah, S. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Priangan Kota Bandung) Raden Fitri Karina. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoranvol 7 (2).
Syaiful, B., Amini., & Khairunnisa, D. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2 (1).
Tannady, H. (2018). Psikologi Industri dan Organisasi. Expert.
Tati, M, & Emilda, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Yayasan Sinar Husni Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] vol 2 (3).
Trisuci, Cicilia. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah di SDN Dengkek 01 Pati. Journal Industrial Engineering & Management Research.1(4).
Triatna, C. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2014). Teori kinerja dan pengukurannya. Bumi Aksara, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v6i1.22924
Refbacks
- There are currently no refbacks.