Manajemen Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Serdang Bedagai

Resti Maya Yohana Purba, Astri Novia Siregar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Serdang Bedagai; (2) Efektivitas manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi   yang menggabungkan antara metode penelitian kualitatif  dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian diperoleh: (1)  Manajemen sekolah meningkatkan mutu Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Serdang Bedagai dilaksanakan melalui: (a) Perencanaan. Hasil temuan dari Perencanaan penelitian adalah SMKN 1 Dolok Masihul melakukan perencanaan pembelajaran  melalui: MOU; Analisis Kebutuhan Pengajaran; Penyelarasan Kurikulum berbasis industri; Membuat Jadwal pengajaran dan mangang; Merencanakan peralatan standarisasi peralatan bengkel praktik. (b) Pelaksanaan dilakukan dengan: Penyelarasan dan Pelaksanaan proses pembelajaran. (c) Evaluasi dilakukan melalui tiga bentuk yaitu diagnostik (tes awal), tes akhir dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK).  (d) Pengendalian atau pengawasan dilaksanakan secara langsung guna memantau dan mengawal kegiatan proses pengajaran. (2) Efektivitas Manajemen sekolah dalam peningkatan mutu Pendidikan sudah efektif. Hal ini dianalisis berdasarkan: (a) Level Reaksi. Berdasarkan perhitungan angket diperoleh: sangat memuaskan 47,1%, memuaskan  28,1%,  cukup memuaskan 24,3% dan 0,5% kurang memuaskan.


Keywords


Manajemen sekolah, mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Afrina, E. (2018). Vokasi di era revolusi industri: Kajian ketenaga kerjaan di daerah. Jakarta: Perkumpulan Prakarsa.

Ahmadi, I., Amri, S., & Elisah, T. (2011). Pembelajaran Sekolah Terpadu: Pengaruhnyaterhadap Konsep, Mekanisme dan Proses Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri (Cetakan I). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Ahmanda, W., Maulana, A., Murtinugraha, R. E., & Arifah, S. (2022, Oktober 10). Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Pendidikan Teknik BAngunan, 2 No 2, 1-14.

Akrim, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Observatorium. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 1-10.

Arikunto, S. (1990). Organisasi dan Administrasi Pendidikan dan Teknologi. Jakarta: Rajawali.

Badan Pusat Statistik. (2022, 05 09). Februari 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,83 persen sebesar 2,89 juta rupiah per bulan. Retrieved 06 16, 2023, from bps.go.id

Creswell, J. (2008). Educational Research, Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Reserach. Pearson: Prentice Hall.

Darman, W. (2012). Pengaruh Kesiapan Fasilitas dan Sikap Penggunaan Peralatan Praktik Terhadap Prestasi Praktik Memperbaiki Motor Listrik Siswa Kelas IX SMKN 1 Sedayu. Yogyakarta: FT UNY.

Denzin, K. N., & Lincoln, L. Y. (1994). Hand Book Research. London- New Delhi: Sage Publications.

Dyankov, A. (1996). A current Issues And Trends in Technical Education. Paris: Unevoc International Project on Technical and Vocational.

Echos, J., & Shadily, H. (1996). Kamus Inggris dan Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Engkoswara, & Komariah, A. (2015). Administrasi Pendidikan (Vol. Cetakan 4). Bandung: Alfabeta.

Firmansay, A., & Mhardika, B. W. (2018). Manajemen. Yogyakarata: Deepublish Publisher.

Gultom, S. W., Amini, A., & Isman, M. (2024). Manejemen implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, 5(4). https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i4.21585

Hananto, T. (2010). Pendidikan Jasmani. Jakarta: Yudhistira.

Hani Handoko, .. (2018). Manajemen (2 ed.). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hasibuan, M. (2014). Manajemen, Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati, N., & Prasetia, I. (2021). Peran Manajemen ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Medan ). CERED:Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora, Vol. 1 No. 1 (2021): SiNTESa 2021, 1139-1149.

Hidayat, M. (2024). Student's Perception of the Effectiveness of Teacher Communication in Guiding Problem-Based Learning Projects. Persepsi: Communication Journal, 7(2), 148-156.

Itunggara, R. (2014). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan Berbasis Kemitraan. Vol 11, No 1 (2014), 31-40.

Indonesia, R. (2005, Desember 30). Informasi Lain. Retrieved from Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum: https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2005/14tahun2005uu.htm

Kirkpatrick, D. K. (2008). Evaluating Training Programs. San Fransisco: Berret-Koehler.: The Four Levels, Third Edition: Berret-Koehler.

Kurniawan, & Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Peguruan Tinggi,dan Masyarakat (Vol. 1). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawati, P. I., & Sayuti, S. (2013). Manajemen Sarana dan Prasarana Di SMK N 1 Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, 2013, 99-108.

Maulina, M., & Yoenanto, N. H. (2022, April 30). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunɨa usaha dan dunɨa industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 29-37.

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (1995). Qualitative Research. London:.

Moeloeng, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen berbasis sekolah : Konsep, strategi dan implementasi (Vol. Cet. 13). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nababan, R., Nasution, E., & Irvan, I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di SMP Negeri Se Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi. Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT), Vol. 3, No. 4 (2022), 80-93.

Nawawi, H. (1983). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Notoatmodjo, S. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pidarta, M. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Sagala, S. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat; Strategi Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: Nimas Multimas.

Sagala, S. (2007). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sagala., S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja rosdakarya.

Sihotang, B. C., Elfrianto, & Aktar, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. JGK (Jurnal Guru Kita), Vol 6 N. 4. P-ISSN:2548-883X, 622-637.

Simbolon, R. (2024). Literature Study: Integration of Ethnomathematics in Mathematics Learning in Schools. JMEA: Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 70-76.

Siregar, N. H., Akrim, A., & Prasetia, I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Al-Wasliyah Pasar Senen Medan. Alignment:Journal Of Administration and Educational Management, Vol 5 No 1 (2022), 87-97.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sudana, I. (2014). Model Pendidikan Soft Skills untuk Calon. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan, 459.

Sudjianto, B. (2004). Mensiasati Manajemen Berbasis Sekolah di Era Krisis Yang Berkepanjangan. Jakarta: ICW.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v6i1.23184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.