Analisis Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di MIN Penggalangan

Nurleli Nurleli

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yakni penelitian yang mencoba mengeksplorasi data-data dilapangan dan menganalisis data melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian, supervisi akademik yang di lakukan oeh kepala madrasah melalui perencanaan pembelajaran, meliputi pembinaan dalam membuat rencana pembelajaran guna mengetahui tujuan pembelajaran, pengarahan dalam pemilihan metode pembelajaran, menyusun materi dan penggunaan sumber yang akan pergunakan, membuat rancangan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi di MIN Penggalangan akan bahwa kepala madrasah pada perencanaan pembelajaran melakukan bimbingan pada perencanaan pembelajaran, kepala madrasah selalu mengecek dan melihat secara langsung administrasi perangkat pembelajaran yang dibuat masing-masing guru. Pada perencanaan pembelajaran akan berkaitan dengan kemampuan kompetensi profesional guru dalam mengkondisikan keadaan kelas jika terjadi masalah. Ketercapaian jam pertemuan mengajar guru dalam satu kali pertemuan dan cara menutupi kekurangan jam. Kegiatan belajar mengajar yang di terapkan di MIN Penggalangan menggambarkan secara umum kemampuan guru dalam mengelolah kelas, menyelesaikan administrasi pembelajaran, mempersiapkan soal dan memberikan nilai kepada siswa. Kompetensi yang dimiliki guru mampu memberikan gerakan perubahan kepada siswa. Fungsi pengawas yang melakukan tugas supervisi akademik pembelajaran akan jelas nampak pada saat guru mendemontrasikan perangkat pembelajarannya.

Kata Kunci : Supervisi, Kepala Madrasah, dan Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Mukhtar, H. dan Iskandar (2013). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Referensi

Sagala, Syaiful. 2012. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Mantjah, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pendidika. Surabaya: Wenika Media

Sagala, syaiful, 2013, Memahami Organisasi Penididikan Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2004 . Dasar-Dasar Supervisi . Jakarta: rineka Cipta

Sudjana, Nana, 2012. Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya Bagi kepala Sekolah Bimanatara-Publishing

Sahertian, Piet. 2000. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta

Amrullah. 2015. Pengantar manajemen fungsi, proses dan pengendalian. Jakarta:Mitra wacana media

Supriatno. 1996. Penilaiaan kinerja dan pengembangan Guru. Yogyakarta :BPFE




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i1.3924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.