Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Yayasan Sinar Husni Medan

Tati Murni, Emilda Sulasmi

Abstract


Meneliti guru sebagai bagian dari pelaksana pendidikan di sekolah sangat diperlukan. Tidak jarang ditemukan guru yang kurang memiliki kinerja yang baik dalam menyelesaikan tugasnya. Yang berakibat kurang berhasilnya tujuan yang ingin dicapai. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya motivasi guru dalam bekerja. Motivasi dapat dipandang sebagai energi dalam diri seseorang yang ditandai oleh munculnya perasaan dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Gaya kepemimpinan kepala sekolah juga dapat mendorong peningkatan kinerja guru serta didukung juga oleh lingkungan kerja yang memadai.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Gaya kepemimpinan dan budaya sekolah terhadap motivasi kerja guru. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Yayasan Sinar Husni Mendan yang berjumlah 83 orang. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif bersifat asosiatif, dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survey dengan daftar pertanyaan (questionnaire). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap motivasi kerja guru; (2) secara parsial variabel budaya sekolah berpengaruh terhadap motivasi kerja guru; (3) secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap motivasi kerja guru di Yayasan Sinar Husni Medan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i3.7699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.