Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kabupaten Batubara

Hafsah Hafsah, Emilda Sulasmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: kompetensi terhadap kinerja guru SMP Negeri Se-Kabupaten Batubara, motivasi terhadap kinerja Guru SMP Negeri Se-Kabupaten Batubara, kompetensi dan motivasi kinerja guru SMP Negeri Se-Kabupaten Batubara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada pada SMP Negeri Se-Kabupaten Batu Bara yang berjumlah 457 orang terdiri dari 116 Laki-laki dan 341 Perempuan. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling dengan menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 75 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) Hubungan variabel kompetensi terhadap kinerja guru dalam bentuk persamaan regresi Y = 14,002 + 0,261X1 ini berarti bahwa jika kompetensi meningkat sebesar 1 point maka kinerja guru akan meningkat 0,261 point pada konstanta 14,002 maka Ha dan H0 ditolak. b) bentuk hubungan variable dan motivasi kerja terhadap kenerja guru atau Y = 4,002 + 0,434 X2. Ini berarti jika motivasi kerja meningkat 1 point makan kenerja guru akan meningkat 0,434 pada konstanta 14,002 . maka Ha diterima dan Ho ditolak. kompetensi terhadap kinerja guru, t hitung 2,470 dan t table 1,66 artinya t hitung 2,470 > t table 1,66 dapat disimpulkan Ha diterima H0 ditolak artinya signifikan maka kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. motivasi kerja terhahap kinerja guru, t hitung 4,604 dan t table 1,66 artinya t hitung > dari t table dan signifikan maka dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Berdasarkan data nilai koefisien regresi kompetensi sebesar 0.261, dan motivasi kerja sebesar 0.434 artinya terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Se-Kabupaten Batubara.


Keywords


Kompetensi, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Amini., Aritonang, M., & Prasetia, I. (2021). Analisis Supervisi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 13 Binjai. Jurnal Guru Kita, Vol 6 No 1, 19-27.

Akrim, (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa: Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa, Pustaka Ilmu, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta : Rineka Cipta.

Centra (1997). Manajemen Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia: Suatu Analisis Kebijakan, (Jakarta; Bumi Aksara).

Dessler (1998). Visionary Leadership--translating abstract purpose into concrete objectives. Journal of Physical Education.

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smk Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(1), 116. https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6681

Endang, F., Prasetia, I, & Elfrianto. (2021). Kepemimpinan Transformsional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi di SMA Negeri 2 Pematang Siantar), Jurnal Pendidikan Rokania, Vol 6 No 3, 344-357

Hasibuan .(2014), Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizational Change). Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1, Juni 2001. UNJ- Jakarta.

Handoko. (2001). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Karakteristik Personal Pendidikan. Jurnal Kinerja 5

James W. Walker (1992). Human Resources Strategy. Singapore: McGraw-Hill, Inc.

Jerald Grenberg., Baron, R. H.,. (1997). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Kartono, (2008). Pengembangan Sumber Daya Manusia: Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan (Pendekatan Terpadu). Jakarta: Bumi Aksara.

Kozin. (2014). Good Governance (Kepemimpinan yang Baik) Bagian Kedua. Bandung: Mandar Maju.

Luthans, Fred, (2016). Perilaku Organisasi.jilid 10, Jogyakarta.

Mangkunegara, (2005), Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi ke Institusi Akademik, (Jakarta:Bumi Aksara).

Martoyo, (2008), Konsep Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizational Change) Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1, Juni 2008.

Piter Druker. (1977). Competence at Work Models Supervisor Performance. New York: John Willey & Sons Inc.

Prasetia, I. Sulasmi, E., & Sugiharti. (2021). The Child-Friendly School Program for Developing a Character School in the Primary Schools of Binjai City, Indonesia. Randwick International of Social Science Journal, Vol 2, No 4, 575-582

Richard M Steers,. and Lymann W. Porter (2003). Motivation and Work Behavior. New York: Mc Graw-Hill.

Rita, L. Alkinson (1996). Perilaku Organisasi. Edisi 10, terj. Vivin Andhika Yuwono, dkk Yogyakarta: Penerbit Andi.

Siegall (1998). Vision, Values and Courage: Leadership for Quality Management. New York: The Press.

Simamora, H, (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke-3. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Sitompul, Harun & Ardansyah, M., (2017), Statistika Pendidikan: Teori dan Cara Perhitungan, Perdana Publishing, Medan.

Spencer, M. Kyle dan Spencer. (2004). Competence at Work Models Supervisor Performance. New York: John Willey & Sons Inc.

Stephen P. Robbins (1996). Organizational Behavior: Concept, Controvercies, Aplications. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Subagio, (2014), Kreativitas: Membangun dan Mengembangkannya Pendidikan yang berkualitas,.Yogyakarta: Kanisius,2003.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Sujana (2002): Methodologi Reseach. Jilid III, Cetakan XI. Penerbit Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Sulasmi, E., & Akrim, (2020), Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa, Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, 1 (1): 10-17

Sutikno. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (Artikel-Artikel Pilihan). Yogyakarta : Penerbit Amara Books

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sutisna , (1999). Manajemen Pendidikan Teori, Praktik, dan Riset (Jakarta:Bumi Aksara, 1995).

Van Roy, Kenneth H. Selvarajan, & Dewey E. Johnson (1996). Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resourses. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Veithzal, Rivai, Basri, A. F. M., (2005). Performance Appraisal. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 14.

Wethers and davis (1996). Educational Administration. New York: McGraw- Hill, Inc., Stephen P. Robbins (2006). Perilaku Organisasi. Terj. Benyamin Molan. Jakarta.

Wexley and yulk. (1997). The grand Leadership--translating abstract purpose into concrete objectives. Journal of Physical Education.

Yunita., Bahri, S., & Prasetia, I. (2021). Analisis Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Partisipasi Kerja Guru di SD Negeri 112260 Gunting Saga Kecamatan Kualuh Selatan Labuhanbatu Utara, Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], Vol 2, No 1, 22-27




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i4.8668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.