Pengaruh Model Project-based Learning (PjBL) dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas X SMA

Mhd Isman, Tepu Sitepu, Rita .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Gambar terhadap kemampuan menulis puisi Kelas X SMA Swasta Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah Kelas XA yang berjumlah 34 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata peserta didik sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjB ) dengan Media Gambar, kemampuan menulis puisinya sebesar 66,15.Nilai rata-rata peserta didik seesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Gambar, kemampuan menulis puisinya sebesar 76,38.Berdasarkan uji t dengan membandingkan harga t hitung dengan t tabel diperoleh t hitung > t tabel atau 2,84 > 1,69,sehingga Ha diterima, Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Gambar terhadap kemampuan menulis puisi peserta didik Kelas X SMA Swasta Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2021-2022.


Keywords


model; PBL; media; menulis puisi

Full Text:

PDF

References


Adam, S. d. (2015). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal , 3(2).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2010 ). Media Pembelajaran . Jakarta : Raja Grafindo Persada .

Pemendikbud. (2013). Tentang Implementasi Kurikulum. Pemendikbud Nomor 22 Tahun 2016.

Widyoko, E. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen . Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Yamin, M. (2012). Stategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi . Jakarta: Referensi.

Ginting, E. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi. Journal of Education Action Research, 4(2), 240250.

Imadona, I., Fajriniski, F., & Andia, D. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Puisi Rakyat Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kabupaten Tebo. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 480486.

Layal, N., Effendi, D., & Puspita, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Indonesian Research Journal On Education, 2(3), 11601167.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. All Rights Reserved, 5(1), 193205.

Purwanti, E. (2022). Pembelajaran Kontekstual Media Objek Langsung dalam Menulis Puisi. Penerbit P4I.

Rokhayah, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis "Project Based Learning". Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 11(1), 5666.

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Penggunaan Media Realita Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248253.

Widowati, U. (2021). Penerapan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Media Gambar Secara Daring pada Peserta Didik Kelas X SMK Pelita Nusantara 2 Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Sasindo, 9(2).

Zahra, N. N., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi melalui Media Pembelajaran Picture and Picture. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 482491.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License