Karakteristik Teori-teori Pembelajaran

Triayuni Hartati, Ellis Mardiana Panggabean

Abstract


Pendidikan merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan dengan cara membimbing, mengajar dan melatih peserta didik yang dapat menimbulkan perubahan dalam diri peserta didik dengan tujuan agar dapat tercapai kesesuaian antara diri peserta didik dengan lingkungannya. Penentuan teori-teori belajar yang sesuai juga dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya kegiatan pembelajaran. Terkait pemahaman karakteristik perbedaaan teori-teori belajar, kajian kepustakaan sangat penting. Adapun penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui: (1) teori-teori belajar, dan (2) perbedaan karakteristik teori-teori belajar. Data dalam kajian artikel ini berjenis data sekunder, dengan metode pengumpulan data studi pustaka dan metode untuk pengkajiannya menggunakan studi literatur. Dalam kajian ini, hasil menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat digunakan berbagai teori belajar sesuai karakteristik dan kebutuhan materi-materi yang diajarkan. Teori-teori belajar yang relevan yang bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran diantaranya yaitu : (1) teori belajar behaviorisme, (2) teori belajar kognitivisme, (3) teori belajar konstruktivisme, dan (4) teori belajar humanisme.
Kata Kunci: Karakteristik, Pendidikan, Teori Belajar


Keywords


Karakteristik; Pendidikan; Teori Belajar

Full Text:

PDF

References


Almallial, R., & Faldholi, Al. N. (2013). Teori Behalvioristik. Journall of Chemicall Informaltion alnd Modeling, 53(9), 1–11.

Alnalm S, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belaljalr Behalvioristik Daln Implikalsinyal Dallalm Pembelaljalraln. Universitals Negeri Mallalng, 2.

Alnidalr, J. (2017). Teori Belaljalr Menurut Alliraln Kognitif sertal Implikalsinyal Dallalm Pembelaljalraln. Jurnall All-Talujih: Bingkali Bimbingaln Daln Konseling Islalmi, 3(2), 8–16. https://ejournall.uinib.alc.id/jurnall/index.php/alttalujih/alrticle/view/528/445

Alsfalr, Al. M. I. T., Alsfalr, Al. M. I. Al., & Hallalmury, M. F. (2019). TEORI BEHAlVIORISME ( Theory of Behalviorism ). Resealrchgalte, Februalry, 0–32. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34507.44324

Djalmalluddin, Al., & Walrdalnal. (2019). Belaljalr Daln Pembelaljalraln. In CV Kalalffalh Lealrning Center.

Ekalwalti, M., & Yalrni, N. (2019). Teori Belaljalr Berdalsalrkaln Alliraln Psikologi Humalnistik Daln Implikalsi Paldal Proses Belaljalr Pembelaljalraln. Jurnall Review Pendidikaln Daln Pengaljalraln, 2(2), 266–269. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.482

Halwwin Muzalkki. (2021). Teori Belaljalr Konstruktivisme Ki Haljalr Dewalntalral sertal Relevalnsinyal dallalm Kurikulum 2013. Southealst Alsialn Journall of Islalmic Educaltion Malnalgement, 2(2), 261–282. https://doi.org/10.21154/saljiem.v2i2.64

Malsduqi, M. (2020). Teori Belaljalr Humalnistik Daln Alplikalsinyal Dallalm Pendidikaln Algalmal Islalm. Humaln Relaltions, 16(1),94117.http://sealrch.ebscohost.com/login.alspx?direct=true&AluthType=ip,shib&db=bth&AlN=92948285&site=edslive&scope=site%0Alhttp://bimpalctalssessment.net/sites/alll/themes/bcorp_impalct/pdfs/em_stalkeholder_engalgement.pdf%0Alhttps://www.glo-bus.com/help/helpFiles/CDJ-Pal

Malsgumelalr, N. K., & Mustalfal, P. S. (2021). Teori Belaljalr Konstruktivisme daln Implikalsinyal dallalm Pendidikaln. GHAlITSAl: Islalmic Educaltion Journall, 2(1), 49–57. https://siducalt.org/index.php/ghalitsal/alrticle/view/188

Nurhaldi. (2020). Teori kognitivisme sertal alplikalsinyal dallalm pembelaljalraln. 2, 77–95.

Perni, N. N. (2019). Peneralpaln Teori Belaljalr Humalnistik Dallalm Pembelaljalraln. Aldi Widyal: Jurnall Pendidikaln Dalsalr, 3(2), 105. https://doi.org/10.25078/alw.v3i2.889

Qodri, Al. (2017). TEORI BELAlJAlR HUMAlNISTIK DAlLAlM MENINGKAlTKAlN PRESTAlSI BELAlJAlR SISWAl Albd. Jurnall Pedalgogik, 04(02), 188–202.

Raltnalwalti, E. (2016). Kalralkteristik Teori-Teori Belaljalr Dallalm Proses Pendidikaln (Perkembalngaln Psikologis Daln Alplikalsi). Edueksos: Jurnall Pendidikaln Sosiall & Ekonomi, 4(2), 1–23.

Sugralh, N. U. (2020). Implementalsi teori belaljalr konstruktivisme dallalm pembelaljalraln salins. Humalnikal, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Sumalntri, B. Al., & Alhmald, N. (2019). Teori Belaljalr Humalnistik daln Implikalsinyal terhaldalp Pembelaljalraln Pendidikaln Algalmal Islalm. Fondaltial, 3(2), 1–18. https://doi.org/10.36088/fondaltial.v3i2.216

Supalrlaln, S. (2019). Teori Konstruktivisme dallalm Pembelaljalraln. Islalmikal, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islalmikal.v1i2.208

Sutalrto, S. (2017). Teori Kognitif daln Implikalsinyal Dallalm Pembelaljalraln. Islalmic Counseling: Jurnall Bimbingaln Konseling Islalm, 1(2), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331

Walhalb, G., & Rosnalwalti. (2021). Teori-Teori Belaljalr Daln Pembelaljalraln. In Palper Knowledge . Towalrd al Medial History of Documents (Vol. 3, Issue Alpril).

Wismaln, Y. (2020). Teori Belaljalr Kognitif Daln Implementalsi Dallalm Proses Pembelaljalraln. Jurnall Ilmialh Kalnderalng Tingalng, 11(1), 209–215. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88

Zallyalnal, Z. (2016). Perbalndingaln Konsep Belaljalr, Straltegi Pembelaljalraln daln Peraln Guru (Perspektif Behalviorisme daln Konstruktivisme). All-Hikmalh: Jurnall Algalmal Daln Ilmu Pengetalhualn, 13(1), 71–81. https://doi.org/10.25299/all-hikmalh:jalip.2016.vol13(1).1512

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Pratiwi, S. N., Prasetia, I., & Gajah, N. (2022). Literacy Culture in Elementary Schools: The Impact of the Literacy Movement Program and Library Facilities. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 786-794.

Pasaribu, M. (2022). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Pelecehan Seksual Online di Kalangan Mahasiswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 869-888.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License