Keterkaitan Pengembangan Kurikulum dengan Kurikulum Sekarang

Amiruddin Amiruddin, Indra Prasetia, Ali Sadikin, Tiarma Sidabutar, Tumpak Banurea, Afriani Nasution

Abstract


Kurikulum berfungsi sebagai suatu pedoman dalam pelaksanaan kegiatan Pendidikan dalam hal ini di sekolah dasar terhadap beberapa pihak terkait. Selain sebagai pedoman, bagi siswa kurikulum memiliki 6 (enam) fungsi, antara lain, fungsi penyesuaian, fungsi pengintegrasian, fungsi diferensiasi, fungsi persiapan, fungsi pemilihan, serta fungsi diagnostik. Peranan kurikulum dalam pendidikan formal dalam hal ini di sekolah dasar, sangat strategis serta menentukan tercapainya tujuan pendidikan. Kurikulum di sekolah dasar juga memiliki kedudukan dan posisi sangat sentral dalam keseluruhan proses pendidikan, bahkan kurikulum merupakan syarat mutlak dan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan tersebut. Sangat sulit dibayangkan bagaimana bentuk pelaksanaan suatu pendidikan di suatu lembaga pendidikan yang tidak memiliki kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan Pengembangan Kurikulum dengan kurikulum yang sedang berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian  deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan kurikulum dilakukan secara dinamis yang sesuai dengan perubahan dari masyarakat serta tuntutan masyarakat itu sendiri, perbedaan pada tiap-tiap kurikulum terlihat pada penekanan pokoknya baik itu pendekatan yang digunakan untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut maupun tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Perbedaan pada model desain kurikulum yang terlihat pada perkembangannya dari masa ke masa tentu juga memiliki suatu keunggulan maupun kelembahan tersendiri. Perkembangan kurikulum dari masa ke masa kemudian terjadi karena adanya pengembangan kurikulum tersebut. Pengembangan dan perkembangan kurikulum ini kemudian diharapkan dapat berimplikasi pada pencapaian tujuan pendidikan.

Keywords


kurikulum; pengembangan; pendidikan; sekarang

Full Text:

PDF

References


Alhamuddin. (2019). Sejarah Kurikulum Di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Hari Prabowo. (2017). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai Dalam Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang

Hidayat, S. (2015). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Glatthorn, A. A., Boschee, F., & Whitehead, B. M. (2009). Curriculum Leadership: Strategies for Development and Implementation. New York: Sage.

Kristiawan, Muhammad. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu

Lynn, Erickson H. (2002) . Concept-Based Curriculum and Instruction: Teaching Beyond the Facts. California: Corwin Press, Inc

Nurhalim, M. Analisis Perkembangan Kurikulum di Indonesia (Sebuah Tinjauan Desain Dan Pendekatan). INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(3), 339-356, (2011)

Ornstein, A.C. and Hunkins, F.P. (2009). Curriculum Foundations, Principles, and Issues. USA: Pearson.

Permata, P. N. R. (2016). Studi Perbandingan Manajemen Kurikulum di Sekolah Inklusi antara SMP Negeri 29 Surabaya dan SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya

Zainal Arifin. (2012). Konsep dan Pengembangan Kurikulum. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License