Konektivitas Belajar Himpunan Matematika dengan Aljabar Abstrak

Alfauzan Ramadhanny Simangunsong, Ellis Mardiana Panggabean, Irvan Irvan

Abstract


Matematika merupakan sebuah cabang pengetahuan yang memiliki struktur dan sistematika keilmuan yang unik. Keilmuan matematika akan memiliki kesinambungan antara satu dengan yang lainnya bahkan hingga memiliki koneksi antar kajiannya. Artikel ini merupakan sebuah kajian pustaka terkait himpunan dan konektivitas atau hubungannya dengan aljabar abstrak dalam matematika. Untuk itu penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui; (1) himpunan matematika, , (2) aljabar abstrak, dan (3) konektivitas himpunan dengan aljabar abstrak dalam matematika. Data dalam kajian yang menyusun artikel ini berjenis data sekunder, dengan metode pengumpulan data studi pustaka dan metode untuk pengajiannya menggunakan studi literatur. Perolehan data yang didapat dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai konektivitas himpunan dengan aljabar abstrak dalam matematika. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa, terdapat koneksi antara belajar himpunan matematika dengan kajian aljabar abstrak.


Keywords


Himpunan, Aljabar Abstrak, Konektivitas Kajian Matematika

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. A., & Sulaiman, R. (2014). Ideal Fuzzy Pada Near-Ring. MATHEdunesa, 3(3), 36–41.

Hanifah, & Abadi, A. P. (2018). Pemahaman mahasiswa pada konsep grup. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 01, 85–91.

Junarti, S., Mulyono, Y. L., & Dwidayati, N. K. (2020). Studi Literatur tentang Jenis Koneksi Matematika pada Aljabar Abstrak. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 343–352. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kusumawati, R., & Kurniawan, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Stuktur Aljabar dengan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi dan Menulis Bukti Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 197. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1010

Loviasari, P. A., & Mampouw, H. L. (2022). Profil Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 73–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1014

Mahdarena, M., Siswanto, S., & Sapri, S. (2016). Konsep Himpunan Dan Diagram Venn Pada Smp Negeri 07 Bengkulu Berbasis Multimedia. Jurnal Media Infotama, 12(1), 49–60. https://doi.org/10.37676/jmi.v12i1.272

Manurung, M. M., Windria, H., & Arifin, S. (2019). Desain Pembelajaran Materi Himpunan Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Kelas VII. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.143

Maysarah, S. (2018). Bahan Ajar Struktur Aljabar 1 (1st ed.). UIN Sumatera Utara Medan.

Mumu, J., & Tanujaya, B. (2018). Desain Pembelajaran Materi Operasi Pada Himpunan Mengunakan Permainan “Lemon Nipis.” Journal of Honai Math, 1(1), 14. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i1.770

Muslim, M. I., & Perdhana, M. S. (2018). Glass Ceiling: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Bisnis Strategi, 26(1), 28. https://doi.org/10.14710/jbs.26.1.28-38

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Panggabean, E. M. (2017). Struktur Aljabar 1 (2nd ed.). Citapustaka Media.

Puspananda, D. R. (2022). Studi Literatur: Komik Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 51–60. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahayu, P., Warli, W., & Cintamulya, I. (2020). Scaffolding Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Struktur Aljabar. JIPMat, 5(1), 25–35. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.4838

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Raihanah, A., Putri, O. R. U., & Effendi, M. M. (2020). Literasi Digital dan Pemahaman Konsep Himpunan Siswa SMP Menggunakan Media Pembelajaran GUI Matlab. Jurnal Elemen, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1309

Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 2.

Rizqi, M. M., Wijayanti, D., & Basir, M. A. (2021). Analisis Buku Teks Matematika Materi Himpunan Menggunakan Model Prakseologi. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 57. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1226

Saragih, M. J. (2019). Perlunya Belajar Mata Kuliah Aljabar Abstrak Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 249–265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.104

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Suryanti, S. (2017). Teori Grup (Struktur Aljabar 1) (1st ed.). UMG Press.

Wibisono, S. (2019). Matematika Diskrit Edisi 2.

Zaimah, H., Yasri, Setiawati, E., Ulya, N., & Kusmayanti, V. (2020). Modul Pembelajaran Matematika Madrasah Tsanawiyah Himpunan. kemenag.go.id




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.14892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License