Problem Based Learning Berbasis Flipped Classroom: Efektivitas dan Penerapannya pada Materi Lingkaran Kelas VIII

Isti Hari Wahyuni, Sari Saraswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dan penerapan model problem based learning berbasis flipped classroom pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan angket. Instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar, lembar observasi peserta didik dan guru digunakan untuk mengumpulkan data hasil pengamatan selama diterapkan model problem based learning berbasis flipped classroom, sedangkan data respon peserta didik dikumpulkan melalui angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 76,67%, 2) aktivitas peserta didik tergolong kategori aktif dengan rata-rata persentase sebesar 71,9%, 3) respon peserta didik terhadap pembelajaran tergolong positif secara keseluruhan, dan 4) kemampuan guru mengelola pembelajaran tergolong sangat baik.


Keywords


Efektivitas, Flipped classroom, lingkaran, problem based learning.

Full Text:

PDF

References


Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal of Elementary Education, 2(1), 36–44. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.113-120

Agustini, M. (2021). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Flipped Classroom melalui Aplikasi Google Classroom. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 280–289. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244420

Alawiyah, T. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tahapan Pemecahan Masalah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua di MTs Midanutta’lim. (Skripsi, Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang).

Amala, D. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial di MTs Nurul Qur’an. (Skripsi, Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang).

Amala, D., & Saraswati, S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Edumath, 14(1).

Anak, A. P. M., & Luh, K. S. W. (2016). Respon Siswa Terhadap Umpan Balik Guru Saat Pelajaran Bahasa Inggris di SD Saraswati 5 Denpasar. 05(02), 1–23.

Ario, M., & Asra, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 82–88. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2477

Arnata, I. ., Mardana, I. B. ., & Suwindra, I. N. . (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Flipped Classroom Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 20(1), 36–47.

Arnawa, I. N., & Setiawan, I. M. D. (2021). Pengaruh Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Tingkat Computer Self-Efficacy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 34–42. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/29737

Bektas, C. (2021). Bibliometric Analysis of Studies Conducted between 2015-2019 on the Flipped Classrom Model. Internasional Journal of Research in Education and Science, 7(1), 163–187.

Darmawan, W., Kuswandi, D., & Praherdhiono, H. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbasis Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Prakarya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 171–179.

Djonomiarjo, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan NonFormal AKSARA, 5(1), 39–46.

Fasha, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Didaktik Matematika, 5(2), 53–64.

Fathurrohman. (2015). Model-Model Pembelajaran. UNY, 1589, 105–112.

Fitriyani, S. W., Sundaygara, C., & Budi Pranata, K. (2019). Pengaruh PBL Berbasis Flipped Class Terhadap Prestasi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 14–20.

Hadi, H. &. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Classroom sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. Quality, 8(1), 149.

Husen, I. (2017). Teori Bolu Bantat: Tips dan Trik Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Bitread Publishing.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

Juita, F., & Yulhendri, Y. (2019). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Intensitas Latihan Soal Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Pengolah Angka (Spreadsheet). Jurnal Ecogen, 2(4), 832. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7860

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Media Sahabat Cendekia.

Luthan, S., & Putri. (2013). Application of Cooperative Problem-Based Learning Model to Develop Creativity and Foster Democracy, and Improve Student learning Outcomes in Chemistry in High School. Journal of Education and Practice, 8(17), 55–60.

Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3299–3305. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1326

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Novita, R. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Trigonometri Di Kelas XI IA1 SMA Negeri 8 Banda Aceh. V, 128–135.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

Pantadean, Y. R., & Eko, R. (2021). Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif. Andi.

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327

Rasmita, D. (2019). Upaya Meningkatan Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Sd Negeri 017 Pasir Emas. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(3). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i3.7189

Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian Problematika Teacher Centered Learning Dalam Pembelajaran Siswa Studi Kasus: Sdn Dukuh, Sukabumi. Journal of Elementary Education, 05(01), 77–85.

Saraswati, S., & Rodliyah, I. (2020). Blended Learning Berbasis Edmodo: Proses Pengembangan pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Gantang, 2, 133–142.

Savitri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7243–7248.

Sholicah & Wahyuni. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MA Mu’alimat NU Kudus. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 2(2), 66–72.

Siswono, T. Y. E., & Novitasari, W. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemecahan Masalah Tipe ”What’s Another Way”. Jurnal Transformasi, 1–13.

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Suryadien, D. D. (2022). Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurrnal PGMI Universitas Garut, 01, 27–34.

Wahzudik. (2018). Kendala dan Rekomendasi Perbaikan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Menegah Kejuruan. Indonesia Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(2), 87–89.

Walidah, Z. dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) terhadap Hasil Belajar. Edumatics: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(02), 72–76.

Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Yenusi, Mumu, T. (2019). Analisis Soal Latihan pada Buku Paket Matematika SMA yang Bersesuaian dengan Higher Order Thinking Skill. Jornal Of Honai Math, 2(1), 53–63.

Yulietri, F. D. (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana, 13(2), 6.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License