Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah

Neliwati Neliwati, Hikmah Bayani Situmorang, Putri Maymuhamna Rahayu

Abstract


Artikel ini ditulis membahas tentang kebijakan kurikulum merdeka belajar di sekolah, tepatnya pada SD Swasta Tunas Harapan Patumbak. Kurikulum merdeka belajar merupakan sebuah kebijakan yang telah ditetapkan oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ditetapkannya kebijakan ini dalam rangka untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pada metode ini digunakan guna untuk melakukan penelitian terhadap kondisi obyek yang bersifat alamiah memakai teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari peneltian dari informasi yang di dapatkan dari kepala sekolah menunjukkan bahwa kurikulum merdeka belajar ini cocok untuk dipakai dalam proses pembelajaran terkhusus pada pembelajaran PAI. Namun, sangat disayangkan bahwa pada SD Swasta Tunas Harapan Patumbak belum bisa menerapkan kurikulum merdeka belajar ini karena terdapat beberapa faktor penghambat. Akan tetapi, persiapan sudah mencapai 80% untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar pada tahun ajaran baru.


Keywords


Kebijakan; Kurikulum Merdeka Belajar; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan 1). CV. Syakir Media Press.

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., Putri, A., & Pandiangan, B. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 2829–2723.

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Dewi Rahmadayanti dan Agung Hartoyo. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 6–7.

GFallis, A. (2013). Kebijakan Implementasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hamdan. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori dan Praktek. In Aswaja Pressindo.

Hasyim. Farid. (2015). Kurikulum Pendidikan Agama Islam ;FilosofiPengembangan kurikulum transformatif antara KTSP dan Kurikulum 2013 (p. 24).

Hidayat, A. W. (2018). TARBIYATUNA, Vol. 9 No. 2 Desember, 2018 82. Tarbiyatuna, 9(2), 82–98.

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.

Mahrus, M. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.37286/ojs.v7i1.93

Masykur, R. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. In Aura Publisher (Issue September).

Muhammad. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Cetakan 1). Sanabil.

Qolbiyah, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44–48. http://jpion.org/index.php/jpi/article/view/15

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Ritaudin, A., & Suprihanto, J. (2023). DINAMIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KABUPATEN SLEMAN : Antara Kendala dan Solusinya (Supadiyanto (ed.); Cetakan 1). Zahir Publishing.

Santosa, S. (2022). Fenomena Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pemanfaatan Digitalisasi Di Era 5.0. Jurnal Ekonomi, Teknologi Dan Bisnis (JETBIS), 1(2), 85–94. https://doi.org/10.57185/jetbis.v1i2.12

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Tarihoran, N. (2017). Pengembangan Kurikulum. In Loquen Press. Loquen Press. http://repository.uinbanten.ac.id/2000/

Udi, T. M. (2021). Pengembangan Kurikulum Pai Berbasis Multikultural. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 52–62. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3639%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/download/3639/2581




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License