Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari

Nia Karnia, Jeani Rida Dwi Lestari, Lukman Agung, Maya Aprida Riani, Muhammad Galih Pratama

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek pengelolaan kelas melalui metode role playing. Metode peneletian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Penggunaan metode role playing berpengaruh dalam meningkatkan partisipasi siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Hal tersebut dapat dilihat dengan antusias siswa yang memberanikan diri untuk maju kedepan dan alhasil siswa lainpun banyak yang mengajukan diri untuk maju ke depan. Melalui praktik pengelolaan kelas dengan metode role playing pada pembelajaran PAI dirasa efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada setiap siswa. Peningkatan yang dapat dilihat seperti keaktifan siswa yang lebih banyak bertanya. Selain itu siswa juga dapat bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru nya dengan melaksanakan dan menjalankannya.

Keywords


Pengelolaan Kelas, Metode Role Playing, Partisipasi

Full Text:

PDF

References


Abu Hasan Agus. Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran. J. Pendidik. Pedagog. 03, 1–12 (2015).

Aslamiah, dkk. Pengelolaan Kelas. Depok: Rajawali Press. (2022)

Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952. 2013–2015 (2021).

Djamarah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. (2013).

Elmi Masfufah, Erna Sari, Asshofarul Munafi’ah & Heny Kusmawati. Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien. J. Student Res. 1, 215–230 (2023).

Fuad, Matafaicul. Kewajiban dan Karakteristik Belajar Mengajar. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hlm. 187. (2021).

Garmo, J. Pengembangan Karakter untuk Anak. Jakarta: Kesaint Blanc. (2013).

Hidayat, S. Pengaruh Kerja Sama Orang Tua dan Guru terhadap Disiplin Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Widya. Volume 1 Nomor 94. (2013).

Kosim, Nandang. Pengembangan Dan Aplikasi Pembelajaran Pai Di Sd. Qathrunâ 2(2): 121–42. (2015).

Larlen. Persiapan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Universitas Bengkulu. Vol. 3 No. 1 : 81-91. (2013).

Mudasir. Manajemen Kelas. Yogyakarta: Nusa Media. (2011).

Permata Sari, Nurma. Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Perpaduan Ppembelajaran Laboratorium dan Lingkungan Alam di Kelas VII A SMP Negeri 1 Gondangrejo. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta (2010).

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. (1984).

Rahmawaty. Bentuk Partisipasi Masyarakat Dusun III Tongkoh, Desa Dolat Raya, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara Terhadap Upaya Konservasi di Taman Hutan Raya Bukit Barisan. (2006).

Sisdiknas. (UU RI No. 20 Tahun 2003 Bab V Pasal 12 ayat 1). Cetakan V. Jakarta: Sinar Grafika. (2013).

St. Marwiyah. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Makassar: Aksara Timur. Hlm. 03. (2015).

SUARDI, F. Penerapan Model Role Playing Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Palopo. (2022).

Sulistyowati, Endang. PEMBELAJARAN PAl DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Al-Bidayah 4(1): 63–76. (2012).

Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. (2002).

Suwardi, & Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media.

Tune Sumar, W. Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura J. Educ. Manag. 49–59 (2020). doi:10.37411/jjem.v1i1.105.

Hanik, Umi. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 02 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI LAMPUNG. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung. (2019).

Warsono, Sri. Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Jurnal Manajer Pendidikan. Volume 10,, Nomor 5. (2016).

Wirayanti. STRATEGI PENGELOLAAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN (Studi Multi Sistus di MI Perwanida Kota Blitar dan MI 6 Tahun Tambakboyo Kab Blitar).

Wiyani, N. A. Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. (2013).

Yamin, M. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Media Abadi. (2007).

Ziadatus Sha. Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) Untukmengurangi Kesalahansiswa Dalam Menyelesaikan Soalpada Materiaritmetikasosial Kelasviia SMPN1 Sukowonosemester Ganjil Tahun Ajaran 2012/ 2013. ©Kadikma Vol. 4 No. 2, 27–38 (2013).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License