Pengembangan E-Modul Sistem Peredaran Darah Berbasis Gender untuk Kelas VIII MTs

Duwi Neli Astuti, Indah Wigati, Asnilawati Asnilawati

Abstract


Tujuan penelitian adalah menghasilkan e-modul sistem peredaran darah berbasis gender sebagai bahan ajar alternatif untuk memotivasi dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE. Prosedur penelitian ini tidak sampai pada tahap implementasi dan evaluasi, akan tetapi dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kegiatan wawancara, observasi dan angket validasi. Subjek penelitian yang turut berpartisipasi dalam kegiatan penelitian ini terdiri dari 4 validator ahli yaitu ahli media, materi, bahasa dan gender dan guru IPA. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan peserta didik, dimana 3 orang peserta didik untuk uji one to one dan 10 orang peserta didik untuk uji small group. Analisis data yang digunakan meliputi teknik kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian yang diperolah dapat disimpulkan bahwa e-modul sistem peredaran darah berbasis gender yang dikembangkan termasuk ke dalam predikat sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini tampak dari hasil validasi e-modul pada aspek media, materi, bahasa dan gender memperoleh rata-rata sebesar 96,2% serta angket tanggapan guru dan peserta didik terhadap e-modul sistem peredaran darah berbasis gender yaitu sebesar 94,17% dengan predikat sangat praktis.


Keywords


Pendidikan;pengembangan;Bahan Ajar; E-modul; Sistem Peredaran darah;Gender

Full Text:

PDF

References


Alna, A., Awad, F. B., Nurdin., Ikhsan, M dan Wahidah, F. (2022). Analisis Makna Gender dalam Perspektif Al-Quran. Gunung Djati Conference Series, 8(2), 1-11.

Annisa, A., Wigati, I dan Sholeh, M. I. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantu PHET Simulations pada Materi Asam Basa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 232-240.

Apriyeni, O., Syamsurizal., Alberida, H dan Rahmi, Y. L. (2021). Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha, 8 (1), 8-13.

Aswandi., Azmin, N dan Bakhtiar. (2021). Keefektifan Penerapan Metode Simulasi Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII SMPN 8 Soromandi Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal PIPA:Pendidikan Ilmu Pengetahuan IPA, 2(2), 6-10.

Basaroh, A. S., Al-Muhdhar, M.H. I., Prasetyo, T. I., Sumberartha, I. W., Mardiyanti, L dan Fanani, Z. (2020). Pengembangan E-Modul Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (EJAS) pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 30-39.

Cahyawati, I dan Muqowim. (2022). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Menurut Pemikiran Quraish Shihab. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 19(1), 210-220.

Carolin, L. L. Astra, I. K. B dan Suwiwa, I. G. (2020) Pengembangan Video Pembelanjaran dengan Model ADDIE pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pendak Silar Kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olahraga, 5(2), 12-18.

Elvarita, A., Iriani, T dan Handoyo, S.S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-modul pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 1-7.

Fatchurrozaq, I. K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Bahasa Arab Berspektif Gender Bagi Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Studi Agama, 6(2), 193-221.

Fitriani, E dan Neviyarni, N. (2022) Kesetaraan Gender dan Pendidikan Humanis. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 51-56.

Harini, E. O dan Pujiriyanto. (2022) Analisis Manfaat Pengintegrasian Augmented Reality pada Bahan Ajar Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Epistema, 3(2), 67-80.

Hendriani, M., Parwines, Z dan Wulandari, S. (2023). Validitas dan Praktikalitas Buku Ajar Berbasis Literasi Numerasi Lintas Kurikulum untuk Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 621-630.

Indriani, M.S., Yasa, I. N., Sudiana, I. N., Wendra, I. W., Artawan, I. G dan Ermadwicitawati, N. M. (2022). Pengembangan Materi Ajar Digital Bermuatan Kesetaraan Gender di Kecamatan Seririt. Proceeding Senadimas Undiksha, 1467-1472.

Jayanti., Zulkardi., Putri, R.I.I dan Hartono, Y. (2023). Numerasi Pembelajaran Matematika SD Berbasis E-Learning. Palembang: Bening Media Publishing.

Kamaruddin, R dan Thahir, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 24-35.

Kartini, A dan Maulana, A. (2019). Redefinisi Gender dan Seks. An-Nisa: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 12(2), 217-239.

Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A dan Asih, T. (2020). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Sistem Respirasi. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(9), 1-9.

Lestari, E., Nulhakim, L dan Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Profesional Tema Global Warning Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. Pendipa Journal Of Science Education, 6(2), 338-345.

Mariska, S dan Rahmatina. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus 8 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 489-501.

Maulidah, A. N dan Aslam. (2021) Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 281-286.

Nikat, R. R dan Sumanik, N. B. (2021). Pelatihan Pembuatan E-Modul Terintegrasi Media Pembelajaran untuk Menunjang Kompetensi Inovatif Guru di SMPN 3 Merauke. Dedicaton: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 273-281.

Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A dan Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297-1310.

Nisa, H. A., Mujib dan Putra, R. W. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Profesional Berbasis Gamifikasi terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13-25.

Nuryasana, E dan Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategis Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974.

Palupi, M. E. (2019). Analisis Google Terjemahan yang Mengandung Ungkapan Bahasa Seksisme Terjemahan Bahasa Inggris. Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(1), 1-6.

Porsche, D., Tulenan, V dan Sugiarso, B. A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 14(2), 173-182.

Pramana, M. W., Jampel, I. N dan Pudjawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 17-32.

Puspitawati, H. 2019. Bunga Rampai Keluarga, Gender, dan Pendidikan. Bogor: IPB Press

Putri, R. R. R. R., Kaspul dan Arsyad, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Profesional pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 93-104.

Saumi, F., Mauliani, F dan Amalia, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Augmented Reality dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Vektor. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4) 3850-3859.

Setia, R. (2019). Manajemen Kepala Sekolah dalam Pengembangan Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 1(2), 99-116.

Setianingsih, N. T dan Nugroho, A. (2020). Bias Gender dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX Menengah Pertama di Kabupaten Bunyumas. Alhamra: Jurnal Studi Islam, 1(2), 93-103.

Syahputra, H dan Mustika, D. (2022). Validitas Bahan E-Modul Berbasis Android pada Operasi Count Fractional Kelas V SD. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(2), 163-171.

Ummah, S. M. (2021). Memahami Maqashid Asy-Syariah pada Ayat Radha’ah Persepektif Keadilan Gender. Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhisiyyah, 3(1), 15-32.

Vari, Y dan Bramastia. (2021). Pemanfaatan Augmented reality untuk Melatih Keterampilan Berfikir Abad 21 di Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 131-136.

Wigati, I. (2019). The Social Aspects of Gender Responsiveness in School. Jurnal Studi Gender. 14(2), 147-162.

Wijayanti, K dan Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Bank dan Sistem Pembayaran Berbasis Android untuk Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 1-14.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuntitatif Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D). Jakarta : Bumi Aksara.

Winatha, K. R., Suharsono, N dan Agustini, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 188-199.

Wulansari, E.W., Kantun, S dan Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 1-7.

Yusuf. Y., Setyorini, R., Rachmawati, R., Sabar., Tyaningsih, R. Y., Nuramila., Ardiana, D. P. Y dan Hanika, I. M. (2020). Media Pembelajaran. Surabaya : CV.Jakad Media Publishing.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License