Hasil Belajar Matematika Siswa SD Menggunakan Media Realia Dalam Pembelajaran Berbasis Lingkungan

Yunus Shobrun

Abstract


Untuk mengatasi rendahnya pemahaman konsep matematika siswa dan kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran dalam merancang pembelajaran efektif di sekolah. guru perlu menciptakan formulasi khusus dengan menggunakan media dan desain pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah media realia yang dirancang dalam pembelajaran berbasis lingkungan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media realia yang dirancang dalam pembelajaran berbasis lingkungan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dan dilaksanakan di kelas IV SDN No. 054922 Bukit Selamat Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat berjumlah 22 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes tertulis. Pengolahan data meliputi uji normalitas, uji t, dan uji proporsi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media realia dengan pembelajaran berbasis lingkungan lebih baik daripada tanpa menggunakan media realia perkalian. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata pada nilai rata-rata siswa pada siklus 1 72,6 meningkat menjadi 83 pada siklus 2 oleh karena itu penelitian ini dianggap berhasil.


Keywords


Belajar Matematika, Media Realia, Pembelajaran Berbasis Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Afifah, Riana Nur (2019). Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(9), 891-899.

Ali, M. (2010). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Caya T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Sempoa Pada Materi Operasi Hitung Siswa Kelas 2 SD Inpres Pattallassang Kecamatan Parigi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Eka. S, dkk (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2 (2), 112-113.

Hasanah, Luzyatul (2017) Penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS NU (Nahdlatul Ulama’) Kraksaan Kab. Probolinggo. Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ibrahim, R dan Syaodih, Nana. (2013). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Marisa, dkk. (2011). Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka.

Mawardi, T. S. (2022). Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Charlottedanielson. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4 No.4, 5773-5782.

Moch, T. (2019). Dinamika Pendidikan. Jakarta: Pelangi Aksara.

Mudlofir, Ali dan Rusydiyah, Nevi Fatimur (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Presi s.

Mutiara, Kholidia Efining (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2), 189-202.

Rumidani, D. N. (2014). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatakan Motivasi Dan Hasil Belajar Calistung Siswa Sekolah Sasar. E-Journal program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(4), 1-8.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. (2020). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiharti (2018) Penggunaan Media Realia (Nyata) Untuk Meningkatkan Aktifitas dan hasil Belajar Matematika Kompetensi Mengenal Lambang Bilangan Pada Siswa Kelas I SDN 02 Kartoharjo Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang, 3(1), 7-14.

Susanto, Ahmad. (2020). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trisnawati, DF, Suharno dan Kamsiyati, S (2019). Efektivitas Media Realia dan Blok Pecahan Terhadap Kemampuan Berhitung Materi Pecahan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar UNS, 7(1), 46-50.

Tyera, dkk (2022). Penerapan Keterampilan Proses Dasar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 112- 123.

Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License