Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd

Neni Setiyawati, Milianti Milianti, Uray Rina Septiani, Titin Titin

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan tinjauan pustaka yang mendeskripsikan pembelajaran dengan pendekatan Understanding by Design (UbD). Penelitian ini menggunakan berbagai sumber dokumenter seperti artikel, jurnal, dan dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Studi literatur ini fokus pada perancangan pembelajaran understanding by design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran UbD dapat dilaksanakan dengan mengidentifikasi hasil yang diinginkan, mengidentifikasi bukti untuk penilaian, dan merencanakan pembelajaran. Pengimplementasian UbD di Indonesia dilakukan dengan menerapkan proses pembelajaran di kelas dan dinyatakan efektif untuk dilakukan, ini dapat dilihat dari referensi yang peneliti gunakan. Hasil pembelajaran UbD dapat dilihat dari kemampuan menjelaskan, kemampuan interpretasi atau menafsirkan, kemampuan aplikasi atau menerapkan, kemampuan memiliki perspektif, kemampuan berempati, dan kemampuan memiliki pengetahuan diri sendiri. dalam kerangka UbD guru berperan sebagai perancang pembelajaran, dimana guru harus menganalisis kompetensi dasar dan menentukan indicator ketercapaiannya dengan memperhatikan karakteristik rumusan kompetensi dasar.

Kata Kunci: UbD, pembelajaran UbD, implementasi


Keywords


Pendidikan; Pengajaran; Penelitian

Full Text:

PDF

References


Alfiya. Implementasi Metode Pembelajaran Understanding by Design di Sekolah Alam Depok by Design (UbD) Model On 8 th-Grade Students Achievemen in Science. Ministry of Education, United Arab of Emirates (UAE), 3 (2017). Terhadap Kesadaran Mentaduburri Ayat-Ayat Alquran. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 1, 19-28 (2018).

Almaseid, T. F. The Impact of Using Understanding

As'Ari, A. R. (2014). Penggunaan Backward Design Dalam Merancang Pembelajaran Matematika Yang Bernuansa Observation-Based Learning. Makalah disajikan dalam Seminar Jurusan Matematika FMIPA. Universitas Negeri Malang.

Friska, Fitriani. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 2716- 2079 (2020). Gloria, R. Y., & Sudarmin. Kontribusi Asesmen Formatif dalam Tahapan Understanding by Design Terhadap

Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Bioedukatika, 6, 67-73 (2018).

Moto, Maklonia Meling.Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 3, No. 1, 20-28 ISSN: 2597-4866 (2019).

Pertiwi, S., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S., Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design (UbD). Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 2, 1-7 (2019).

Riskey, Oktavian & Riantina, Fitra. Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal lantanida, 4,1 (2016).

Rosnaeni, Sukiman, Apriliyanti, Yani. ModelModel Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 467-473 (2022).

Sinta, Debora & Ferdy Semuel Rondonuwu. Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor menggunakan Understanding By Design. (2019).

Sugiyono,. Metode Penelitin Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008

Wati, W. Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Understanding by Design pada Pembelajara PAI SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 373-378 (2022).

Wayang, Cong. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4, 2547-5445 (2019). Wiggin, & Mc, T. J. (2005). Understanding by Design. Extended 2nd Edition. Alexandria. VA: ASCD. Wiggin, & Tighe, J. (2012). Understanding by Design. United Stated: Prentice Hall.

Yurtseven, N., & Altun, S. Understanding by Design (UbD) in EEL Teaching The Investigation of Student Foreign Languange Learning Motivation and View. Journal Yildiz Tecnical University, Istanbul, 4, (2016).

Nurzannah, N., Syamsuyurnita, S., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License