Pengaruh Media Animasi Berbasis Web terhadap Nilai Pendidikan Berbasis Karakter dalam Materi Menulis Teks Negosiasi di Madrasah Aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023

Rika Trisna Manik, Yusni Khairul Amri

Abstract


Dalam penelitian ini peneliti mengangkat rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajarn menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi adalah seluruh siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang yang berjumlah 50 siswa. Sedangkan sampel diambil sebanyak dua kelas, yaitu 25 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvesional dan 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran eksperimen. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian “Ada pembelajarn menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang”. Pelaksanaan penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen untuk melihat ada pengaruh perbedaan antara dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Liliefors dan mencari t-hitung.Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara tes kelas kontrol dengan rata-rata 70 dengan kategori baik dan nilai tes eksperimen dengan rata-rata 83,48 dengan kategori sangat baik dan diperoleh nilai t-hitung 5,65 dan t-tabel 1,6677, maka t-hitung > t-tabel. Dari hasil terssbut maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada pengaruh pembelajaran menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023Dalam penelitian ini peneliti mengangkat rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajarn menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi adalah seluruh siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang yang berjumlah 50 siswa. Sedangkan sampel diambil sebanyak dua kelas, yaitu 25 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvesional dan 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran eksperimen. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian “Ada pembelajarn menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang”. Pelaksanaan penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen untuk melihat ada pengaruh perbedaan antara dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Liliefors dan mencari t-hitung.Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara tes kelas kontrol dengan rata-rata 70 dengan kategori baik dan nilai tes eksperimen dengan rata-rata 83,48 dengan kategori sangat baik dan diperoleh nilai t-hitung 5,65 dan t-tabel 1,6677, maka t-hitung > t-tabel. Dari hasil terssbut maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada pengaruh pembelajaran menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023

Keywords


Media Animasi; Web; Negoisasi

Full Text:

PDF

References


Amri, Yusni Khairul. 2015. Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Pemahaman Dasar-dasar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Atap Buku Yogyakarta

Amri,Yusni Khairul.,Dian Marisha Putri. 2020, Folklor Etnik.BIRCU-Publishing.

Medan

Amri, Yusni Khairul.,Dian Marisha Putri. 2021. Menelisik Nilai Budaya pada Cerita.Rakyat Sipirok sebagai Cerminan Karakter Kultur Angkola. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga).SumateraUtara.http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/salinga/index

Amri, Yusni Khairul.,Dian Marisha Putri. 2022. Meretas Nilai-Nilai Budaya Etnik Melalui Cerita Rakyat. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA). USU

Amri,Y.K.,Dian.,M.P., Bambang.,P.S. 2022. Form of Mandate as a Message in Folklore. BIAR Publisher. Matondang Journal. Sumatera Utara .1(1).

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian suaru pendekatan praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka cipta

Dalman 2015. Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Harun dan Zaidatun. 2014. Teknologi Multimedia dalam Pendidikan. http: //www.ctl.utm.my/publications/manuals/mm/elemenMM.pdf. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2008.

Kemendikbud, 2013,Buku Guru: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk kelas X, Jakarta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks (Analisis Fungsi,struktur dan kaidah serta Langkah penulisannya) Bandung: Yrama Widya

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Lestari Dila, Rochadi Doddy, Maulana Arris.,2017 “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Menggambar Bentuk Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 4 Tangerang Selatan” Jurnal Pendidikan Teknik Sipil,2,: hal:4-5

Maulida Hani, Lubis Risky Ananda, Solin Mutsyuhito,”Pengembangan Media Berbasis Animasi Untuk Pembelajaran Teks Negosiasi Pasa Siswa Kelas XI MA” Jurnal Pendidikan, Bahasa,,Sastra,dan Budaya,12,2019:630

Patonah, S., Syahrullah, A., Firmansyah, D., & San Fauziya, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi di Kelas X SMK Lentera Bangsa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 807-814.

Sabalala, Nahari. 2014. Artikel: Mengabstraksi Teks Negosiasi

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suherli, & Dkk. (2016). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2016. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Tarigan, H.G.2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tululi, Imran. 2021. Artikel: 6 Macam-macam Media Serta Contohnya, Tingkatkan Semangat Belajar Siswa”

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2023 tetang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i1.17254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License