Pengaruh Kesiapan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada siswa. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel kesiapan belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif serta signifikan terhadap hasil belajar, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa yang memiliki tingkat kesiapan dan motivasi belajar yang tinggi cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kesiapan dan motivasi yang rendah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kesiapan dan motivasi belajar merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap keberhasilan akademik siswa dalam pembelajaran Ekonomi. Oleh karena itu, upaya peningkatan kedua aspek tersebut perlu mendapat perhatian dalam proses pembelajaran di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almi Ranti Datu, Hetty Julita Tumurang & Juliana Margareta Sumilat. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Anang Bayu Mustiko & Novi Trisnawati. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration : Education and Practice. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa/article/view/39344
Anisa, S. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 109. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3518
Effendi. (2017). Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/740
Erlina Sari & Mariyatul KubtiyahRitonga. (2021). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Batang Angkola. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/TZ/article/view/4415
Fatchurrohman, Rudy. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin Dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif. Innovation of Vocational Technology Education 7(2):164–74. https://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/6292
Harun & Sutrisno (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 347–354. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.12268
Ilfa Irawati Nasruddin & Mohammad Liwa Ilhamdi. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar MIPA. http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Indriastuti Ambar, Sutaryadi & Susantiningrum. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/19546/15420
Jainuddin, Soma Salim & Sirajuddin. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2283
Kurniawati, K., & Zulfiati, Z. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Terintegrasi dalam Mata Pelajaran IPS di SMPN 4 Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 1–28. https://doi.org/10.21009/JPS.071.01
Munawaroh, S., Santosa, C. A. H. F., & Wahyuningrum, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Kontekstual Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd. Indomath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 36. Https://Doi.Org/10.30738/Indomath.V3i1.6062
Niken Desy Pratiwi & Ferina Agustini, A. W. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Pada Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri Puri 03 Pati. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 4(1), 9–13
Palangda Listriyanti & Cherys Laloan. (2023). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN2 Tondano. Innovative: Journal Of Social Science Research. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4734/3336
Palangda, Listriyanti & Desy Suyono. (2025). The Impact of Family Environment and Learning Independence on Learning Outcomes Through Learning Motivation. Journal: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IJEMS/article/view/24227
Reski Idamayanti. (2020). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya. https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.774
Rifqiyah Faizatur & Nursiwi Nugraheni. (2023). Analisis Kesiapan Belajar Siswa untuk Pemenuhan Capaian Kurikulum Merdeka dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. http://dx.doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.16052
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6 (1). 1-10. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1858/1152
Yani Yulinda & Pratiwi Indah Sari. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kota Jambi. SJEE (Scientific Journals of Economic Education) https://sjee.unbari.ac.id/index.php/ojssjee/article/view/119
Eni Nurkholipah. (2024). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MPLB di SMK Negeri 3 Bojonegoro. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10943-10952. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5562
DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v6i2.26973
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id

Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

