Pengaruh Model Pembelajaran Sel Belajar Terhadap Kemampuan Menemukan Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tebing Syahbandar

Nita Meilina

Abstract


ABSTRAK

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran sel belajar terhadap kemampuan menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tebing Syahbandar. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tebing Syahbandar yang berjumlah 158 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (cluster random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas IX-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-3 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran sel belajar dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X memiliki rata-rata 76,6 dengan standar deviasi sebesar 10,08, sementara kelas Y memiliki rata-rata 68,125 dengan standar deviasi sebesar7,73. Nilai t= 4,30. t 5% = 2,00 dan tt 1% = 2,65 karena t yang diperoleh lebih besar dari t yaitu 2,00<4,30> 2,65. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen lebih berpengaruh menggunakan model pembelajaran sel belajar dibandingkan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tebing Syahbandar.


Keywords


Kata Kunci: Model pembelajaran sel belajar Ekspositori Unsur intrinsik cerpen

Full Text:

PDF

References


Aminudin. 2009. Pandai Memahami dan Menulis Cerpen. Bandung: PT Pribumi Mekar.

Banjarnahor, Lesteria. 2010. Efektivitas Metode Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan kemampuan Analisis Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas X SMA Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2009/2010. Medan: UNIMED.

Bariyah, Aminatul. 2005. Kemampuan Menganalisi Cerpen yang Berjudul Gado- gado Karya Ananta Toer Berdasarkan Strategi Inquiri oleh Siswa Kelas III SMP Negeri 6 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2004/2005. Medan: UNIMED.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kosasih, E.2011. Ketatabahasaan dan Kesustraan.Bandung: Yrama Widya.

Nababan, Sartika. 2011. Metode Think Talk Write Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerpen oleh Siswa Kelas X SMA Dharma Bakti Medan TP 2010/2011. Medan: UNIMED.

Salim, Agus. 2002. Peningkatan Apresiasi Cerpen Melalui Teknik Analisis Unsur- unsur Intrinsik. Jurnal Buletin Pelangi Pendidikan Volume 5 No.1 Tahun 2002.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License