Pengaruh Model Problem-based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Swasta PAB 1 Klumpang Tahun Ajaran 2020/2021

Nina Arni, Mela Puspita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Pebandingan kelas VII SMP Swasta PAB 1 Klumpang tahun ajaran 2020/2021. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk uraian, dengan materi yang diajarkan adalah perbandingan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta PAB 1 Klumpang, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Sampel pada kelas eksperimen berjumlah 30 orang, dan sampel pada kelas kontrol juga berjumlah 30 orang. Dari analisis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, Rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika kelas ekperimen sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 73,33 dan 83,83. Sedangkan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 74,17 dan 75,5. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-r, yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jika > maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 0,722 sedangkan nilai adalah 0,361, sehingga terlihat bahwa > . Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Perbandingan kelas VII SMP Swasta PAB 1 Klumpang Tahun Pelajaran 2020/2021.


Keywords


Problem Based Learning (PBL), Pemecahan Masalah, Perbandingan

Full Text:

PDF

References


Jonassen, DH. 2004. Learning to Solve Problems. San Franisc. Pfeiffer

Dewi, dkk., Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri Tugumulyo Tahun Pelajaran 2014/2015, STKIP-PGRI Lubuk linggau.

Gunantara, Gd. Suarjana, Md. Riastini, Pt, Nanci. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol: 2 No: 1, 2014.

Permendiknas. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : 2006.

Boud dan Felleti, (1997), Fogarty (1997). Pengertian Model pembelajaran berbasis masalah (PBL)

Arends (Nurhayati Abbas, 2000: 12). Pengertian model pembelajaran berbasis masalah (PBL).

Ward, 2002: Stepien, dkk., 1993. Pengertian model pembelajaran berbasis masalah (PBL).

Ratnaningsih, 2003: Pengertian Model pembelajaran berbasis masalah (PBL)

(Suryadi 2005), PBL merupakan suatu strategi menghadapkan siswa pada dunia nyata

(Ward, 2002; Stepien, dkk.,1993). PBL adalah pembelajaran inovatif yang memiliki keterampian memecahkan masalah

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik (2013: 125), Jakarta: PT. Rineka Cipta

Slameto (1995:3), hasil belajar adalah perubahan tingkah laku

(Depdiknas,2002:8). matematika adalah ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar yaitu berpikir sistematis, logis, dan kritis dalam mengkomunikasikan gagasan atau permasalahan.

Sari, Shinta. Elniati, Sri. Fauzan, Ahmad. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 1, Vol. 3 No. 2, 2014.

Suci, dkk., Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok.

Polya (dalam Hobri, 2009:172). definisi pemecahan masalah

Polya (dalam Suherman, 2001:91). dalam pemecahan suatu masalah terdapat empat langkah yang harus dilakukan.

Undang-Undang Republik Indonesia. Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : 2003.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.7105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License