Penggunaan Aplikasi Google Calssroom Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Masa Pandemi

Fernanda Yossi, Zainal Azis, Zekton Tamba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi classroom dalam pelaksanaan pembelajaran daring dapat meningkatkan keatifan siswa SMP negeri 1 Siempatnempu dalam mengikuti pembelajaran dengan keterbatasan jaringan. Dimana wilayah tempat tinggal siswa SMP negeri 1 Siempatnempu masih sulit untuk mendapatkan jaringan, hanya ada di beberapa tempat saja. Penelitian ini saya lakukan sebagai salah satu tugas dalam mengikuti LATSAR CPNS Tahun 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9 ( sembilan ) yang berjumlah yang berjumlah 60 orang yaitu terdiri dari dua kelas. Dimana dari yang 60 orang siswa ini sudah mewakili semua wilayah tempat tinggal siswa SMP negeri 1 Siempatnempu. Penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran di dalam dua kelas tersebut dengan menggunakan Aplikasi google classroom. Hasil dari penelitian tersebut adalah stelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi google classroom dari 60 orang siswa semuanya mengerjakan dan mengirimkan tugas tugas yang diberikan oleh guru. Dibandingkan dengan pembelajaran yang sebelumnya dengan menggunakan whatsapp hanya sekitar 20 % siswa yang merespon. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan Aplikasi google classroom dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring yang sulit menjangkau jaringan internet.


Keywords


Google Calssroom; Jaringan Sulit; Keaktifan siswa

Full Text:

PDF

References


Siti Nurjanah*, Arie Purwa Kusuma, Deswita (2020) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik melalui Virtual Classroom Menggunakan Google Classroom dan WhatsApp Group pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Al-khairiyah 1 Pagi Jakarta Utara

Ellen Proborini, Ratna Herawati (2021) Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Wiladatus Salamah (2020) Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran

Yuda Darmawan (2019) Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Jurusan IPS

Meyla Kurniawati, Harja Santanapurba, Elli Kusumawati (2019) Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP

M. Ardiansyah M. Ardiansyah (2020) Penerapan Media Pembelajaran Edmodo dan Google Classroom Pada SMK Islam Perti Jakarta

Rr Kuntie Sulistyowaty, Firdaus Firdaus (2020) Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

Mustakim (2020) Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika

Meyla Kurniawati, Harja Santanapurba, Elli Kusumawati (2019) Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP

Sugeng Raharjo (2020) Efektifitas Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Dukuhwaru

Afdhal Baser, Fahmi Rizal (2021 ) Dampak Positif Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Masa Pandemi Covid-19

M. Kaviza (2020 ) Kesediaan Murid Terhadap Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran Sejarah

Melma Rohani, Zulfah Zulfah (2021) Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran E-Learning Melalui Media Google Classroom Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuok




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i1.7114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License