Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika Dengan Materi Pokok Lingkaran pada Irisan Krucut Melalui Model Pembelajaran Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas XI MIA-1 SMA Negeri 2 Kabanjahe

Maria Surantina Sembiring

Abstract


Penelitian ini menerapkan model pembelajaran keterampilan proses sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan selama dua siklus dengan tiga kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Sehingga data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa selama menerapkan model keterampilan proses. Dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa Kelas XI MIA-1 SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 36 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan akhir Siklus I diperoleh; 1) data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain Keterampilan Kurang (1,67), Sikap ke Aktipan Kurang (1,78 ), dan Sikap Kerjasama Cukup (2,42), data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain Keterampilan siswa meningkat menjadi Baik (3,03), Sikap ke Aktipan meningkat menjadi Baik (3,06%), dan Sikam Kerjasama dalam kelompok meningkat menjadi Baik (3,11%). Dengan demikian terjadi perbaikan aktivitas belajar siswa selama dua Siklus; 2) pembelajaran dengan model pembelajaran keterampilan proses memiliki dampak positif dalam meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa secara klasikal dalam setiap Siklus, yaitu Siklus I dari 36 siswa yang hadir tuntas sebanyak 19 siswa (52,78%) dengan nilai rata-rata 64,17 mengalami kenaikan hingga tuntas klasikal pada Siklus II (91,67%) dengan jumlah yang tuntas 33 siswa dengan nilai rata-rata 81,11 atau naik 38,89%.

Masalah yang dihadapi pada pembelajaran matematika sudah dapat teratasi dengan cara penerapan model Keterampilan proses yang secara langsung dapat memperbaiki aktivitas belajar siswa, pemahaman siswa, partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan prestasi belajar siswa. Penerapan PKP ini juga mendapat tanggapan dari siswa setelah proses belajar mengajar berakhir.

Keywords


Ketuntasan Hasil Belajar; Pembelajaran Keterampilan Proses

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineksa

Cipta.

Nur,Mohamad. 2000. Buku Panduan Keterampilan Proses dan Hakikat Sains. Surabaya : Pusat

Sains dan matematika Sekolah Program Pascasarjana UNESA-University Press.

Nur,Mohamad. 2002. Trend Penelitian Pendidikan MIPA di Masa Datang. Makalah pada

Seminar hasil Penelitian MIPA dan Pendidikan MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta,26

Oktober 2002.

Jurnal Maria SS 14.06.2021

Priatna dan Sukamto. 2007. Matematika 2. Jakarta : Grafindo.

Soertardjo. 1998. Proses Belajar Mengajar dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses.

Surabaya : Penerbit SIC Kerja sana dengan LPM-IKIP Surabaya.

Sukino. 2006. Matematika Jilid 2 B Kelas XI Semester 2. Jakata : Erlangga.

Zuriah,N. 2003. Penelitian Tindakan Dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Malang: Bayumedia

Publishing.

Buku Siswa Matematika Kelas XI Semester 1




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i1.7117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License