Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Tpack Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Idanotae Kabupaten Nias Selatan

Umbuzaro Lase

Abstract


Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Idanotae Kabupaten Nias Selatan pada materi Bilangan Bulat, dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 67. Dari 21 jumlah peserta didik hanya 9 peserta didik yang mencapai KKM yaitu sekitar 44%. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Idanotae pada tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bilangan. Meningkatnya aktivitas guru dalam proses pembelajaran disebabkan karena guru menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM hanya 9 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 44%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 15 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 67%. Siklus II siswa yang mencapai KKM 19 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 93%


Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Bilangan Bulat

Full Text:

PDF

References


Education Students Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science &Technology Education, 3 (1): 71-81.

Afandi & Sajidan. 2017. Stimulasi Keterampilan Tingkat Tinggi. UNSPRESS.

Amir, T.M, 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Ditjen GTK. Direktorat PG Dikdas. 2017. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Melalui PKB Guru Sekolah Dasar

Joyce, B & Weil, M. 2000. Models of Teaching. Boston: Allyn & Bacon

King, F.J., Goodson, L., & Rohani. 2006. Higher Order Thinking Skills. Center for Advancement of Learning and Assessment

Kuntari Eri Murti. 2013. Pendidikan Abad 21 Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Untuk Paket Keahlian Desain Interior

Lewis, A., & Smith, D. 1993. Defining High Order Thinking. Theory into Practice, 32 (3): 131-137.

Maya Bialik & Charles Fadel. 2015. Skills for the 21st Century: What Should Students Learn?. Center for Curriculum Redesign Boston, Massachusetts

Metiri Group. 2003. enGauge 21st Century Skills: Helping Students Thrive in the Digital Age

National Education Sociaty. An Educators Guide to the Four Cs: Preparing 21st Century Students for a Global Society

Seng, O.T. 2003. Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21

Siska Rahmawati, & Sunardi, & Dian Kurniati. 2017. Pengembangan Indikator 4 Cs Yang Selaras Dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas Viii Semester 1

Siti Zubaidah. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran

N. J. Mourtos, N. DeJong Okamoto & J. Rhee. 2004. Defining, teaching, and assessing problem solving skills. San Jose State University San Jose, California 95192-0087

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta.

Modul pelatihan implementasi kurikulum 2013, kemendikbud, 2015

Jan Kusiak, Derrick Brown, 2007, Creative Thinking Technique, Australia

Aufmann, R. N. , Lockwood, J. S., Nation, R. D., & Clegg, D. K. 2008.

Mathematical Thinking and Quantitative Reasoning. Houghton

Mifflin Company: Boston.

Barnett, R. A. 1980. Elementary Algebra Structure and Use. America:

McGraw-Hill, Inc.

Bain, L.J. & Engelhardt, M. 1992. Introduction to Probability and Mathematical

Statistics. Edisi Kedua. Belmont, California: Duxbury Press.

Bluman, A.G. 2005. Probability Demystified (A Self-Teaching Guide). USA:

Mc Graw Hill Companies, Inc.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.7251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License