Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Yang Diajar Melalui Metode Co-Op Co-Op Dengan Metode Ekspositori Pada Materi Persamaan Kuadrat Di Kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar

Anita Sastria Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui hasil kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan metode Co-Op Co-Op dalam pembelajaran matematika pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014. (2) mengetahui hasil kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan metode ekspositori dalam pembelajaran matematika pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014. (3) mengetahui perbedaan hasil kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan metode Co-Op Co-Op dengan metode ekspositori dalam pembelajaran matematika pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: terdapat perbedaan yang signifikan hasil kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan metode Co-Op Co-Op dengan metode ekspositori pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar yakni 189 orang, dan sampel dalam penelitian ini dua kelas yakni kelas X3(kelompok yang menggunakan metode Co-Op Co-Op) sebanyak 32 siswa dan kelas X4(kelompok yang menggunakan metode ekspositori) sebanyak 32 siswa. Penelitian yang dilakukan terhadap sampel 64 siswa, diperoleh hasil kemampuan komunikasi siswa yang diajar menggunakan metode Co-Op Co-Op skor rata-ratanya sebesar 51,93 dan simpangan baku 6,29; hasil kemampuan komunikasi siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori skor rata-ratanya 46,43 dan simpangan baku 5,76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar antara metode Co-Op Co-Op dengan metode ekspositori, 2) Hasil kemampuan komunikasi matematika menggunakan metode Co-Op Co-Op lebih baik daripada hasil belajar menggunakan metode ekspositori. Hal ini dapat diketahui dari hasil rataan skor tes siswa dengan metode Co-Op Co-Op lebih tinggi dibandingkan rataan skor tes siswa dengan metode ekspositori.

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui hasil kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan metode Co-Op Co-Op dalam pembelajaran matematika pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014. (2) mengetahui hasil kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan metode ekspositori dalam pembelajaran matematika pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014. (3) mengetahui perbedaan hasil kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan metode Co-Op Co-Op dengan metode ekspositori dalam pembelajaran matematika pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: terdapat perbedaan yang signifikan hasil kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan metode Co-Op Co-Op dengan metode ekspositori pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar yakni 189 orang, dan sampel dalam penelitian ini dua kelas yakni kelas X3(kelompok yang menggunakan metode Co-Op Co-Op) sebanyak 32 siswa dan kelas X4(kelompok yang menggunakan metode ekspositori) sebanyak 32 siswa. Penelitian yang dilakukan terhadap sampel 64 siswa, diperoleh hasil kemampuan komunikasi siswa yang diajar menggunakan metode Co-Op Co-Op skor rata-ratanya sebesar 51,93 dan simpangan baku 6,29; hasil kemampuan komunikasi siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori skor rata-ratanya 46,43 dan simpangan baku 5,76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar antara metode Co-Op Co-Op dengan metode ekspositori, 2) Hasil kemampuan komunikasi matematika menggunakan metode Co-Op Co-Op lebih baik daripada hasil belajar menggunakan metode ekspositori. Hal ini dapat diketahui dari hasil rataan skor tes siswa dengan metode Co-Op Co-Op lebih tinggi dibandingkan rataan skor tes siswa dengan metode ekspositori.


Keywords


penelitian

Full Text:

PDF

References


Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1).

Manurung, A. A. (2012). Media Pembelajaran Berbasis Tergologi Informatika.

Manurung, A. A. (2015). Media Pembelajaran Berbasis Informatika.

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1), 54-57.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i2.7313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License