Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Pajak Pada Siswa Kelas XI AKL 1 Di SMK Negeri Kebasen

Hesti Nur Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan Hasil Belajar Administrasi Pajak pada kompetensi menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dengan penerapan Model PembelajaranProblem Based Learningpada siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri Kebasen, (2) Mengetahui persepsi Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Negeri Kebasen terhadap penerapan Model PembelajaranProblem Based Learningdalam pembelajaran Administrasi pajak pada kompetensi menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) pasal 21.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri Kebasen yang terdiri dari 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes, angket, dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi tes dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model PembelajaranProblem Based Learningdapat meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Pajak Siswa pada Kompetensi menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) pasal 21, terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar Administrasi Pajak pada siklus I nilai rata-rata sebesar 66, 89 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 47 %. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75,26 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 53% dan untuk siklus 3 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 100 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 100% dengan demikian peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 8,37 dan kenaikan siklus II ke siklus III adalah 24,74 , dan kenaikan persentase KKM dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 27%, kenaikan siklus II ke siklus III sebesar 47% (2) Penerapan Model PembelajaranProblem Based Learningdalam pembelajaran Administrasi Pajak kompetensi menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) pasal 21 mendapatkan respon yang positif dari siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri Kebasen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model PembelajaranProblem Based Learningpada Kompetensi menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dapat meningkatkan hasil Belajar Administrasi Pajak Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Negeri Kebasen.


Keywords


Problem Based Learning;Hasil Belajar;Administrasi Pajak

Full Text:

PDF

References


Sugihartono, dkk, 2007, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press

Sugiyanto, 2008, Model-model Pembelajaran Intif, Jakarta: Yuma Persada

Ulya Brilian, 2008, Penerapan Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya, Kemampuan Menjawab Pertanyaan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IS 4 SMA Negeri 2 Blitar, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta

Arikunto, Suhardjono dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Syaiful Sagala, 2010, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Taufiq Amir, 2009, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Trianto, 2010, Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Hasil Pustaka

Yuditya Falestin, 2010, Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i2.7350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License