Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Dan Tata Kelola Keuangan Kelas XI SMK Manajemen Penerbangan Medan

Fitrah Hartati, Faisal Rahman Dongoran, Henni Sapitri Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuanUntukmemperbaiki proses pembelajaran dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal di kelas XI OTKP SMK Manajemen Penerbangan Medan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas XI OTKP SMK Manajamen Penerbangan Medan sejumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk guru dan siswa dan tes hasil belajar. Pelaksanaan penelitian ini mengikuti alur atau tahapan yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif dari penerapan model problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Keuangan kelas XI OTKP SMK Manajemen Penerbangan Medan.

Penelitian ini bertujuanUntukmemperbaiki proses pembelajaran dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal di kelas XI OTKP SMK Manajemen Penerbangan Medan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas XI OTKPSMK Manajamen Penerbangan Medan sejumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk guru dan siswa dan tes hasil belajar. Pelaksanaan penelitian ini mengikuti alur atau tahapan yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif dari penerapan model problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Keuangan kelas XI OTKP SMK Manajemen Penerbangan Medan.


Keywords


Penerapan PBL, Peningkatan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anas, 2005, Metode Belajar dan Hasil Belajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Arikunto, 2006, Format Desain Penelitian. Ganesindo, Bandung.

Hidayat, 2007, Kerangka Berpikir Dalam Desain Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Melvin, 2009, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Royakah, Yayah, 2008, Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Ganesindo, Bandung.

Sudjana, Nana, 2006, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Sudiarto, 2008, Panduan Penilaian Hasil Belajar Siswa, Rineka Cipta. Jakarta

Sugiono, 2008, Pengertian Hipotesis Penelitian, Pustaka Belajar, Jakarta

Sugianto, 2008, Orientasi Panduan Model-Model Pembelajaran, Gramedia, Jakarta.

Usman, Uzer Moh, 2006, Menjadi Guru Profesional, Tarsito, Bandung

Langkah langkah pembelajaran problem based learning ditelusuri dari https://ainamulyana.blogspot.com/2018/03/langkah-langkah-pembelajaran-berbasis.html

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1).

Manurung, A. A. (2012). Media Pembelajaran Berbasis Tergologi Informatika.

Manurung, A. A. (2015). Media Pembelajaran Berbasis Informatika.

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1), 54-57.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i2.7360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License