Implementasi Penggunaan Metode drill and practice Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur'an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Islamiya Tukka

Taulia Siregar Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa yang diberikan guru Al-Quran Hadits pada saat melakukan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tukka, dan metode yang diberikan guru Al-Quran Hadits yaitu hanya metode ceramah tidak memberikan diskusi pada siswa. Peneliti menemukan hasil belajar siswa dibawah nilai Kkm, maka peneliti memberikan saran pada guru Al-Quran Hadits menggunakan metode drill and practice. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII diMadrasah Tsanawiyah Islamiyah Tukka, peneliti menggunakan dua kelas agar mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 langkah yaitu tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil peneliti menunjukkan pada siklus I pada pertemuan pertama dan kedua dengan menggunakan metode ceramah prestasi hasil belajar siswa masih rendah dengan adanya 10 siswa memperoleh nilai diatas 6,00 dan rata-rata kelas masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minaimal (KKM) yaitu sebesar 7,75. Maka peneliti menggunakan siklus II pada kelas VII dengan menggunakan metode drill and practice dan hasil belajar siswa tersebut siswa sudah mencapai indikator dengan KKM 75 sebanyak 80%.

Keywords


Implementasi. Metode. Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Hamdayama, Jumanta. Metodologi Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2002).

Wina, Sanjaya, Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006), h. 155.

Luthfi, Ahmad, Pembelajaran Al-Quan dan Hafits, Direktrat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, ( Jakarta 2009).

Panduan Tal?m (Pengembangan Diri Qurani), Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. 2017.

Aziz Abdul, Humaizi. Implementasi Kebijakan Publik Studi Tentang Kegiatan Pusat Informasi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika. Jurnal Dinas Kominfo pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Vol 3, No. 1, (Juni 2013).

Hamalik, Oemar. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2007.

III Edwar 14, George C (edited), Public Policy Implementing, Jai Press Inc, LondonEngland. Goggin, Malcolm L et al. 1990.

Hamdayama, Jumanta. Metodologi Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara. 2016.

Lutfi, Ahmad. Pembelajaran Al-Quran dan Hadits, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia. 2009.

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar & Microteaching, Padang: Quantum Teaching. 2010.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i1.9926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License