Internalisasi Nilai Moderasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Panai Hilir Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara

Arrohmanul Khudri

Abstract


Penelitian ini dibuat sebagai bentuk analisis peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai moderasi beragama sebagai bentuk pencegahan sikap intoleran, radikalisme beragama kepada para siswa SMK Negeri 1 Panai Hilir, yang metupakan generasi penerus bangsa agar memiliki pemahaman pemahaman yang moderat dalam beragama,serta tidak mudah terpropokasi dalam isu yang mengatasnamakan agama. Sehingga pendidikan formal menjadi tempat yang strategis untuk memberikan pemahaman yang baik tentang agama rahmatanlil'alamin sehingga tercipta sikap toleran dan keseimbangan oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi moderasi beragama di sekolah SMK Negeri 1 Panai Hilir, mendeskirpsikan strategi guru dalam menginternalisasi nilai moderasi Islam serta mengetahui hambatan yang dialami guru dalam menanamkan nilai-nilai moderasi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif. Hasil dari penelitian ini Peneliti guru guru yang mengutamakan musyawarah dan tidak membeda bedakan siswa berdasarkan latar belakangnya, adanya toleransi keberagamaan yang tinggi dan saling menghargai serta adil dalam memberi hak-hak yang sama dalam peribadatan dan analisis hari-hari keagamaan kepada masing-masing agama antara agama Islam dan agama nonmuslim dan memberikan tempat kerohanian bagi umat beragama Islam maupun Kristen masing-masing agama diberi ruang dalam memeluk agamanya masing-masing

Keywords


Internalisasi, Nilai Moderasi, Agama Islam.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i1.9933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License