Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa Kelas VII MTS Al-Hikmah Marihat Bandar

Rahmah Maulida

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang bagaimana strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas VII MTs Al-Hikmah Marihat Bandar yang beralamatkan diJalan Jonaha KM 4,5 Nagori Marihat Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru mata pelajaran akidah akhlak dalam membina akhlak siswa/siswi di MTs Al-Hikmah Marihat Bandar. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur yaitu :reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun data permasalahan yang diterima adalah : Pertama, belum terwujud sepenuhnya akhlak terpuji pada siswa/siswi. Kedua, relatif rendahnya kedisiplinan siswa/siswi. Dengan adanya penelitian ini peneliti berharap tujuan untuk membina akhlak pada siswa/siswi MTs yayasan pendidikan Al-Hikmah agar terwujudnya akhlak terpuji pada siswa/siswi sehingga munculnya perilaku-perilaku yang baik.


Keywords


Strategi, Membina, Akidah Akhlak

Full Text:

PDF

References


Dedi Wahyudi. (2017). Pengantar Aqidah Akhlak Dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Lexy J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pupu Saeful Rahmat. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Yohana Afliani Ludo Buan. (2020). Guru dan Pendidikan Karakter. Indramayu: Adab.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i1.9937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License