Model Tata Kelola Pemerintahan Desa Gada Berbasis Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Dan Kualitas Pelayanan Untuk Mendukung Pencapaian Desa Wisata

Muhammad Isa Indrawan, Efrizal Adil, Dian Septian Sari

Abstract


Sampel dalam penelitian ini adalah perangkat desa, tokoh adat, masyarakat dan stakehlder ainnya di lingkungan Desa Gada Nias berjumlah 260 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode theresampling Bootstrap dengan jumlah minimum bootstrap 260 dan jumlah kasus harus sama dengan jumlah pengamatan pada sampel aslinya. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari masing masing variabel exoen terhadap variabel endogen. Budaya Organisasi, komitmen organisasi dan Kualitas Pelayanan mampu mempengaruhi Tata Kelola pemerintahan desa. Budaya Organisasi memiliki efek positif pada tata kelola pemerintahan desa. Artinya. jika semakin tinggi budaya organisasi yang dimiliki oleh perangkat desa, maka tata kelola pemerintahan akan semakin lebih baik. Komitmen Organisasi memiliki efek positif pada tata kelola pemerintahan desa. Artinya. Jika Komitmen Organisasi yang lebih tinggi dimiliki oleh perangkat desa, maka tata kelola pemerintahan desa akn semakin baik. Kualitas Pelayanan memiliki efek positif pada tata kelola pemerintahan desa. Artinya. jika Kualitas Pelayanan yang lebih tinggi dimiliki oleh perangkat desa maka tata kelola pemerintahan desa akan lebih baik.


Keywords


Tata Kelola, Budaya, Organisasi, Komitmen, Kualitas Pelayanan, Desa Wisata, SEM-PLS.

Full Text:

PDF

References


Agus Dwiyanto (2005), Manajemen Pemerintah Daerah. Yogyakarta:

Penerbit Graha Ilmu.

Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan WWF Indonesia. 2009. Prinsip dan Kriteria Ekowisata Berbasis Masyarakat. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan WWF Indonesia.

Hardiansyah (2011), Kualitas Pelayanan Publik ;Konsep, Dimensi, Indikator, dan

Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media

Ghozali, I (2015), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kreitner, Robert dan Kinicki, Angelo (2003). Perilaku Organisasi. Terjemahan Erly Suandy, Edisi Pertama, Jakarta:Salemba Empat.

Lumbantobing (2019), Pengaruh Motivasi dan Komitmen Organisasi

Terhadap Kinerja Karyawan Lending Officer Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari Kantor Wilayah Medan. [Skripsi].Medan (ID): Universitas Sumatera Utara

Pasaribu (2018), Pengaruh Budaya Organisasi, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Sumut di Kantor Cabang Utama Medan. [Skripsi].Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.

Robbin & A (2009), Organizational Behavior (13Three Edition, USA: Pearsol International Edition ed.). USA: Prentince-Hall

Santosa. P (2010), Administrasi Publik. Teori dan Aplikasi Good

Governance. Bandung: RefikaAditam

Sedarmayanti (2004), Good Governance (kepemerintahan yang baik) bagian kedua: Membangun Sistem Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas Menuju Good Governance (Kepemerintahan yang Baik), Bandung: Mandar Maju

Sugiyono, (2018). Statistika Untuk Penelitian. Bandung ; Alfabeta.

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata, Yogyakarta: Andi

Sapitri (2016), Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PLN Area Pekanbaru. Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Undang-Undang Dasar 1945 tentang 4 Aspek Tugas Pokok Aparatur Terhadap Masyarakat

Pendit, Nyoman S. 2003. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana, Jakarta: Pradnya Paramita

Wibowo (2012), Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wilson Bangun (2008), Budaya Organisasi : Dampaknya Pada Peningkatan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Manajemen

World Bank (2008), Cost of Pollution in China: Economic Estimates of Physical Damages.Washington DC. World Bank 2008

Zulian Yamit (2010), Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Vol. Edisi Pertama.

Yogyakarta : EKONISIA.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v5i2.11681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.