Optimalisasi Strategi Digital Marketing Untuk Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Aras, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara

Bengi Asrah, Herlin Syahdina Lubis, Cut Tarisa, Nurwani Nurwani

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pentingnya penerapan digital marketing dalam mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Aras, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara. UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian lokal, namun masih menghadapi berbagai kendala dalam pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengkaji tantangan dan peluang digital marketing bagi UMKM di desa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digital marketing, terutama melalui media sosial dan e-commerce, dapat meningkatkan jangkauan pasar dan daya saing UMKM secara signifikan. Namun, kurangnya literasi digital dan akses internet menjadi hambatan utama. Penelitian ini merekomendasikan adanya pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM untuk memaksimalkan manfaat dari pemasaran digital, dengan tujuan memperkuat posisi UMKM di pasar global dan meningkatkan perekonomian desa.

Keywords


Digital Marketing, umkm.

Full Text:

PDF

References


Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Assikin, Z., Rizal, Tindiro, D. P., Wiguna, P. E., & Dera, A. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Pemasaran Produk. 3(2), 210–219.

Asri Setiyani, Tri Yuliyanto, & Dida Rahmadanik. (2022). Pengembangan Umkm Di Desa Pekarungan Kabupaten Sidoarjo. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1(3), 425-433.

Erwin., Elia Ardyan, Dkk. 2023. Digital Marketing (Penerapan Digital Marketing Pada Erasociet 5.0). Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Ernanda, G. K. S., Triwidya, P., & Adhelia, S. (2021). Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun. Indonesia Berdaya, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.47679/ib.202176

Hamid, R. S., & Ikbal, M. (2017), Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean, Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 310- 337.

Hasibuan, Malayu S.P (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Hasvia, T. G., Lady, Lady, De Utami, N. A., Aulia, G., & Jones, J. H. (2023). Peran Digital Marketing dalam Pengembangan Kegiatan Promosi UMKM Windish. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 598–610. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12466

Ivonne Ayesha, Wayan Adi Pratama, Dkk. 2022. Digital Marketing. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Khairunnisa Citra Melati. (2022). "Pemasaran Digital Sebagai Strategi Pemasaran: Conteptual Paper". Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1).

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52.

Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Saputra Harmawan Teguh, Ferdy Maryatul Rif’ah & bayu Andrianto. (2023). “ Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM”. Jurnal Economy Management Business and Entrepreneur, 1(1).

Supardi, S., Nugraha, N. M., Susanti, N., Sumantri, M. B. A., & Mukhlis, T. I. (2021), PELUANG DAN PERUBAHAN CARA BERPIKIR SAAT PANDEMIK (Pengabdian Kepada UMKM Binaan Kadin Provinsi Jawa Barat), Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol. 3 No. 2, 162-168.

Suwandi, Wardah Saheani Sibarani, Lola Amaia Sibarani & Syafitri Halawa. (2023). "Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah". Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(4).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v7i2.21299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.