Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Bank Syariah Indonesia, Kc Aceh Diponegoro

Rudy Fachruddin, Cresensia Sinai Labok, Mulia Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja manajerial pada Bank Syariah Indonesia KC Aceh Diponegoro. Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer dan karyawan Bank Syariah Indonesia KC Aceh Diponegoro dengan jumlah responden 35 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dengan alat bantu SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05 sehingga budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial pada Bank Syariah Indonesia KC Aceh Diponegoro.


Keywords


Budaya organisasi, kinerja manajerial.

Full Text:

PDF

References


Cameroon, K. S., & Quinnn, R. E. (2011).Diagnosing and Changing Organizational Culture (3 ed.). CA: Josey-Bass.

Cushway, & Lodge. (2000). Organitational Behavior and Design, Perilaku dan Desain Organisasi (Cetakan ke). PT Elex Media Komputindo.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, H. (2013). PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Staf Akuntansi

Perusahaan Jasa di Wilayah Jakarta dan Tangerang). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Jasmin, J., Nurdin, N., & Rustina, R. (2022). Analisis Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pegawai Administrasi UIN Datokarama Palu. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 20–29. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.899

Kristiyanti, M. (2012). Peran Indikator Kinerja Dalam Mengukur Kinerja Manajemen. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 3(3), 103–123. http://www.unaki.ac.id/ejournal/index.p hp/majalah-ilmiah-

informatika/article/view/79

IAI, (2025). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 22. https://www.google.com/search?q=PSAK

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. https://www.google.com/search?q=undang-undang+nomor+40+tahun+2007

_______, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perbankan Syariah. https://www.google.com/search?q=undang+undang+nomor+21+tahun+2008+tentang

Pratiwi, Putra, & Kusumastuti. (2019). Pengaruh Total Quality Management , Budaya Organisasi , Gaya Kepemimpinan ORGANISASI , GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN ( Studi pada PT . Bank Rakyat Indonesia di Kota Jambi ). Journal Of Applied Managerial Accounting, 3(July), 300– 310. https://doi.org/10.30871/jama.v3i2.1450

Robbins, P, S., Judge, & Timothy A. (2016). Organizational Behavior (Edition 16). Pearson.

Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Reward dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Kasus Pada Perusahaan PTPN IV Unit Pasar Mandoge). Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 5(8.5.2017), 2003– 2005.

Tangdialla, A. R., Kalangi, L., & Pinatik, S. (2021). The Influence Of Organizational

Culture And Management Accounting Information Systems On Managerial Performance A The Secretariat Office Of The Regional House Of Representatives Manado City. Jurnal LPPM Bidang Ekonomi Sosial, Budaya, dan Hukum, 5(1), 34–48.

Wahyuni, S. W., & Lestari, R. (2021).

Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi

Manajemen Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial Bank. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, 2(2), 703–707. https://doi.org/10.25139/jaap.v2i2.1393

Wahyuni, W. N., Abdurrahman, D., & Senjiati, I. H. (2017). Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Frontliner di BRI Syariah Kantor Kas UNISBA – Bandung Effect of Performance of Employees on Quality of Service Frontliner in BRI Syariah Frontliner di BRI Syariah Kantor Kas Unisba ” . Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Frontliner di BRI Syariah Kantor Kas UNISBA – Bandung, 3, 405–412.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v8i1.24952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.