Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Perilaku Komunikasi Siswa
Abstract
Kajian dalam penelitian ini fokus pada media sosial Facebook karena platform tersebut sangat intens dan masif digunakan semua kalangan anak-anak sampai dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara penggunaan Facebook terhadap perilaku komunikasi siswa dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 155 orang yang aktif menggunakan Facebook, sedangkan sampel 61 siswa Madrasah Tsanawiyah Aisyiyah yang duduk di kelas VII, VIII dan IX dengan menggunakan teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data ialah berupa angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Facebook terhadap perilaku komunikasi siswa Madrasah Tsanawiyah Aisyiyah Wilayah Sumatera Utara baik secara keseluruhan (simultan) maupun secara individu (parsial).
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro dkk, (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung : Sembiosa Rekatama Media
Arifin, Hasnul. (2009). Nongkrong Asyik di Internet Dengan Facebook. Jakarta: Buku Kita
Arifin, Anwar. (2006). Ilmu Komunikasi : Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Rajawali Pers
Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta
Berger, Charles R, dkk. (2015). Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Nusa Media.
Budiargo, Dian. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Bungin, Burhan. (2008) Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat.Jakarta: KENCANA
Danang Sunyoto dan Setiawan, Ari, (2013). Buku Ajar Statistik, Yogyakarta: Nuha Medika.
Deswita, 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchjanaya. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung, PT Remaja Rosdakarya
______________________, (2004). Dinamika Komunikasi, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
_____________________, (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti
Eysenbach, G. (2008). Medicin 2.0: Social Networking, Collaboration, Participation, Apomediation, and Openness. Journal of Medical Internet Research 2008; 10(3): e22
Hardjana, Agus. (2007). Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius Media.
Kincaid, Lawrence dan Schramm, Wilbur. (2007). Asas-Asas Komunikasi Antarmanusia (terjemahan: Agus Setiadi). Jakarta: LP3ES-EWCI.
Mardalis, 2003. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Cet.VI, Jakarta, Bumi Aksara
Mardiana, Wati dan Rizky, A, R, (2009). 5 Jam Menjadi Terkenal Lewat Facebook, Bandung : C.V Yrama Widya.
Marhaeni, Fajar. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Jakarta: Graha ilmu.
McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Mulyana, Deddy (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya,
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial. Remaja, Bandung: Rosdakarya,
Rakhmat, Jalaluddin, (2011). Psikologi Komunikasi; Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Riduwan (2006). Metode Dan Teknik Menyusun Tesis Bandung: Alfabeta.
Rivai,Veithzal, (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Press.
Rusman, dkk, (2011), Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada
Santrock, John W. (2003), Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Sanusi, A, (2003). Metodologi Penelitian Praktis, Malang: Buntara Media.
Saputra, Angga. (2010). Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas, Dan Experiential Marketing Terhadap Word Of Mouth Situs Jejaring Sosial Facebook Pada Mahasiswa Fe Undip Semarang. Skripsi Universitas Dipenogoro
Rumini, Sri dan Sundari, S (2004), Perkembangan Anak dan Remaja,Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Sugiono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Bandung, Alfa Beta
_______, (2006). Statistik Untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang, (2013). Statistik Non Parametrik. Yogyakarta: Nuha Medika.
______________, (2005). Statistika untuk Penelitian, Bandung, Alfa Beta
Suranto, AW. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Umar, Husein, (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sumber lain.
APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). 2016. Survey Penetrasidan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Halaman: 10. https://apjii.or.id/survei2016/download/3zkcUWB5KLNporYEVFR4A0tIuDZehf/https://www.apjii.or.id/. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2018
Inayah, M. 2014. Komunikasi Antarpribadi. [Online]. Tersedia: http://digilib.uinsby.ac.id/513/4/Bab%202.pdf, diakses pada 3 Juni 2019.
DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v2i2.3940
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Persepsi: Communication Journal
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id