Persepsi Pria Muslim Terhadap Pengguna Pakaian Gamis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pria muslim yang menggunakan baju gamis di lingkungan XV dan XVIII di Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli. Mereka di antara para jamaah shalat yang ada di sebuah Masjid Subulussalam 40 s/d 50 dalam setiap shalat berjamaah menggunakan pakaian gamis tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengandalkan observasi dan wawancara mendalam dengan informan yang notabede pengguna pakaian gamis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemakai pakaian gamis selalu tampil dengan percaya diri dan merasa nyaman dalam beribadah. Pengetahuan dan pendapat informan terhadap pemakai pakaian gamis adalah sebagai wujud dan bentuk pengetahuan yang dapat mencerminkan nilai sosial dalam rangka meningkatkan ketakwaan dan keimanan seseorang.
Full Text:
PDFReferences
Cangara, Hapied 2004 :Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Hamid &Budianlozall : Ilmu Komunikasi Sekarang Dan Tantangan Masa Depan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hardjana, Agus M. 2007: Komunikasi Intrapersonal Dan Interpersonal. Kasinius Yogyakarta.
Hardjana, Andre 2000 : Audit Komunikasi. Jakarta : PT. Grasindo
Liliweri Alo 1997: Komunikasi Antar Pribadi. Bandung : Citra Aditya Bakti
Morrisan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa.Jakarta:Kharisma Putra Utama.
Masyhurah.2000 :Koreksi Total Ritual Sholat. Jakarta: Pustaka Azzam.
Mulyana, Dedi.2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya Bandung.
Morrisan, Wardhany 2009 : Teori Komunikasi : Bogor : Ghalia Indonesia
: Teori Komunikasi Massa. Bogor : PT. Ghalia Indonesia
M.Reuby, Mahyuzar. 2010 : Memahami Komunikasi Antara Budaya. Bandung : Unpad Press
Nawawi, 1987: Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta : Univesitas Gadjah Mada.
Rahmat Jalaluddin, 2001, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Syukur, Kholil 2011.Teori Komunikasi Massa. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.
Syam, Nina. 2011: Psikologi Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sinulingga 2011 : Metode Penelitian. Medan : USU Press.
Supropto, Toming 2008 : Kosep-konsep Dasar Komunikasi Efektif. Yogyakarta : Med Press
Walgito, Bima, 2004 : Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : CV. Andi Offset.2004.
Abdul Rahmad Agus 2013 : Psikologis Sosial, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Bajari Atwar, 2011 : Komunikasi Konstekstual, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Ranjabar, Jacobus, 2006 : Sistem Sosial Budaya Indonesia (Suatu Pengantar), Bogor : Ghalia Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4484
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Persepsi: Communication Journal
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id