Pengaruh Kecepatan Putaran Spindle Dan Kedalaman Penggerindaan Terhadap Kekasaran Permukaan Material Baja St 37 Menggunakan Mesin Bubut Bergerinda

Bekti Suroso, Dimas Prayogi

Abstract


Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, proses grinding merupakan bagian dari proses finishing yang digunakan untuk menghilangkan bagian dari benda kerja yang tidak rata. Mesin gerinda merupakan solusi yang dapat mengatasi masalah kekasaran permukaan benda kerja, karena mesin ini digunakan untuk pengerjaan akhir yang dibutuhkan tingkat kehalusan yang tinggi. Sehingga, untuk menghasilkan tingkat kehalusan permukaan yang tinggi, salah satunya dapat dilakukan dengan cara penggerindaan permukaan (surface grinding). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecepatan putaran spindle dan kedalaman penggerindaan terhadap kekasaran permukaan material baja ST 37 menggunakan mesin bubut bergerinda. Alat yang digunakan adalah mesin bubut yang sudah dioptimalkan dengan penambahan mesin bergerinda yang dipasang pada dudukan rumah pahat bubut. Penggerindaan material Baja ST 37 dengan menggunakan batu gerinda (Silicon carbide wheel GC-240 LV), variasi kecepatan putaran spindle 260 rpm dan 440 rpm dan variasi kedalaman penggerindaan 0,1 mm, 0,2 mm, dan 0,3 mm, Arah putaran spindel dan mesin gerinda searah jarum jam, proses penggerindaan pada kondisi kering (tanpa cairan pendingin). Adapun hasil dari penelitian ini adalah dengan meningkatnya kecepatan putaran spindle terhadap kekasaran permukaan material baja ST 37 pada proses penggerindaan permukaan, menunjukkan semakin rendah nilai kekasaran permukaan (Ra), pada kecepatan putaran spindle 260 rpm nilai kekasaran permukaan yang terendah adalah Ra 3,71m dan pada kecepatan putaran spindle 440 rpm nilai kekasaran permukaan yang terendah adalah Ra 2,51m. Sedangkan pengaruh kedalaman penggerindaan terhadap kekasaran permukaan material baja ST 37 pada proses penggerindaan permukaan adalah dengan meningkatnya kedalaman penggerindaan maka nilai kekasaran permukaan semakin tinggi, hal ini disebabkan oleh getaran yang terjadi pada proses penggerindaan permukaan yang meningkat seiring dengan kedalaman penggerindaan.


Keywords


Kata kunci: Kecepatan Putaran Spindle, Kedalaman Penggerindaan, Kekasaran Permukaan

Full Text:

PDF

References


Dongkun, dkk. 2015. Specific Grinding Energy and Surface Roughness of Nanoparticle Jet Minimum Quantity Lubrication in Grinding. Chinese Journal of Aeronautics, 28 (2): 570-581.

Rahman dan K. Kadirgama. 2015. Material Removal Rate and Surface Roughness on Grinding of Ductile Cast Iron Using Minimum Quantity Lubrication. International Journal of Automotive and Mechanical Engineering, 11 pp 2471-2483.

Hadi, dkk. 2013. Teknik Pemesinan Gerinda. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Kemendikbud.

Azhar. 2014. Analisa Kekasaran Permukaan Benda Kerja dengan Variasi Jenis Material dan Pahat Potong. Tugas Akhir. Bengkulu. Universitas Bengkulu.

Anne Afrian. 2016. Pengaruh feeding dan cutting fluid Terhadap kekasaran permukaan baja Ems 45 pada proses surface grinding. Tugas akhir. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Rundman, Murat. 2010. Mechanical and Mechatronic Engineering. Volume 3 No. 3 (361-368).

Syamsu, Yusuf. 2009. Teori Kepribadian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Comley, P; Stephenson, D J & Corbett, J. 2004. High Efficiency Deep Grinding and the Effect on Surface Integrity. Key Engineering Materials. 257-258, p207-212.

Amstead, B.H dkk. 1979. Teknologi Mekanik. Jakarta: Erlangga

Bimbing Atedi, Djoko Agustono. 2005. Standar kekasaran permukaan bidang pada Yoke flange menurut iso r.1302 dan din 4768 dengan memperhatikan nilai ketidakpastiannya. Jurnal Media Mesin Volume 6 No.2 Juli. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Saputro, Sulistyo. 2014. Elemen-Elemen Mesin. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30596/rmme.v2i1.3066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License

Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi  is abstracting & indexing in the following databases: 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statcounter View My Stats RMME