PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PANGSA PASAR INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN IKAN DI SUMATERA UTARA
Abstract
Sampling Unit) dan 70 sampel pengusaha pengolah ikan sebagai sampel tingkat kedua ( Secondary Sampling Unit ). Penarikan sampel dilakukan secara acak (
random ) mengingat kondisi dan kemampuan mengelola usaha dari para pengolah ikan laut adalah hampir sama. Analisis dilakukan dengan model regresi berganda ( multiple regression ) dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t (t test) untuk pengujian secara parsial, dan uji F (F test) untuk pengujian secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran dan strategi keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap pangsa pasar baik secara parsial maupun secara simultan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Syakhroza. 2002. Bagaimana Memasarkan Nilai Tambah UKM dan Koperasi;
dalam Manajemen Usahawan Indonesia nomor 10/Tahun XXXI
Andadari, Roos Kities. 2002. Dapatkah Kinerja Ekspor dan UKM Dijelaskan; dalam
Jurnal Dian Ekonomi; Volume VIII nomor 3
Badan Pusat Statistik Indonesia, Edisi Tahun 1998 2002
Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo. 2001. Pengantar Bisnis Modern. Liberty,
Yogyakarta.
Cravens, David W. 2000 . Strategic Marketing, Second edition, Richard D. Invin
Inc., USA
Djalaludin Rachmat. 2000. Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi Kelima. Media
Pustaka, Jakarta.
Farid Wajdi, M. 2002. Konsep dan Arah dalam Manajemen Strategi Bisnis; dalam
Jurnal Benefit Volume 6 nomor 1
Harif A Rivai. 2001. Strategi Aliansi, Upaya Meningkatkan Nilai Tambah dan
Keunggulan Bersaing Perusahaan; dalam Manajemen Usahawan Indonesia
nomor 01 Tahun XXX, Jakarta
Kotler, Philip, 1996. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi,
dan Pengendalian: Jilid 1 dan 2: Edisi Keenam. Erlangga, Jakarta
Mubyarto. 2000. Ekonomi Kerakyatan. Yayasan Agro Ekonomika, Jakarta.
Moh.Nazir. 1988. Metode Penelitian. Ghalia, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v10i1.463