PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PANGSA PASAR INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN IKAN DI SUMATERA UTARA

Widia Astuty

Abstract


Industri Kecil Pengolahan Ikan ( IKPI ) merupakan kegiatan pengolahan ikan laut yang banyak terdapat di daerah Sumatera Utara. Industri ini sangat membantu dalam menyediakan bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat dan sekaligus sebagai upaya untuk menghindari kerusakan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sumbangan pemikiran terhadap Manajemen Pemasaran industri kecil pengolahan ikan untuk melakukan terobosan terhadap ketidakjelasan dan ketidakpastian penerapan strategi bauran pemasaran dan strategi keunggulan bersaing, Ruang lingkup penelitian meliputi survey pada pengusaha pengolah ikan laut, analisis penerapan strategi bauran pemasaran dan strategi keunggulan bersaing untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap pangsa pasar. Sampel diambil dari dua tingkatan ( two stage cluster sampling ), meliputi 4 buah sampel Kabupaten/Kota sebagai sampel tingkat pertama ( Primary
Sampling Unit) dan 70 sampel pengusaha pengolah ikan sebagai sampel tingkat kedua ( Secondary Sampling Unit ). Penarikan sampel dilakukan secara acak (
random ) mengingat kondisi dan kemampuan mengelola usaha dari para pengolah ikan laut adalah hampir sama. Analisis dilakukan dengan model regresi berganda ( multiple regression ) dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t (t test) untuk pengujian secara parsial, dan uji F (F test) untuk pengujian secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran dan strategi keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap pangsa pasar baik secara parsial maupun secara simultan.


Keywords


Ekonomi, Jurnal. Online, Akuntansi, Berita, Industri kecil pengolahan ikan, strategi bauran pemasaran, strategi keunggulan bersaing, pangsa pasar

Full Text:

PDF

References


A Syakhroza. 2002. Bagaimana Memasarkan Nilai Tambah UKM dan Koperasi;

dalam Manajemen Usahawan Indonesia nomor 10/Tahun XXXI

Andadari, Roos Kities. 2002. Dapatkah Kinerja Ekspor dan UKM Dijelaskan; dalam

Jurnal Dian Ekonomi; Volume VIII nomor 3

Badan Pusat Statistik Indonesia, Edisi Tahun 1998 2002

Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo. 2001. Pengantar Bisnis Modern. Liberty,

Yogyakarta.

Cravens, David W. 2000 . Strategic Marketing, Second edition, Richard D. Invin

Inc., USA

Djalaludin Rachmat. 2000. Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi Kelima. Media

Pustaka, Jakarta.

Farid Wajdi, M. 2002. Konsep dan Arah dalam Manajemen Strategi Bisnis; dalam

Jurnal Benefit Volume 6 nomor 1

Harif A Rivai. 2001. Strategi Aliansi, Upaya Meningkatkan Nilai Tambah dan

Keunggulan Bersaing Perusahaan; dalam Manajemen Usahawan Indonesia

nomor 01 Tahun XXX, Jakarta

Kotler, Philip, 1996. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi,

dan Pengendalian: Jilid 1 dan 2: Edisi Keenam. Erlangga, Jakarta

Mubyarto. 2000. Ekonomi Kerakyatan. Yayasan Agro Ekonomika, Jakarta.

Moh.Nazir. 1988. Metode Penelitian. Ghalia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v10i1.463