Efektifitas Konseling Behavioral Untuk Meningkatkan Penyesuiaan Sosial Siswa

Deni Kamali

Abstract


Abstract : Students with behavioral barriers in social adjustment are considered capable of limiting personality formation and self-actualization throughout life, especially in terms of academic achievement. Because humans are motivated in meeting needs, social adjustment can occur. Observations made on September 17, 2021 at SMP Sabiliyah revealed that some students experienced social problems such as being aloof, apathetic, not talking much in class, which had to be overcome through counseling with a behavioral approach by the BK teacher at SMP Sabiliyah.

Keyword : Social Adjustment and Behavioral Counseling

References


Adelman, H. S., & Taylor, L. (2000). Promoting Mental Health in Schools In The Midst Of School Reform. Journal Of School Health, 70(5).

A Gerungan, (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Rafika Aditama

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bagong Dwi Narwoko, J. (2006). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta : Kencana Media Group.

Basrowi. 2015. Pengantar Sosiologi.Bogor: Ghalia Indonesia.

Baruth, L.B., dan Robinson, E.H. 1987. An Introduction To The Counseling Profession. Englewood Cliffs, New Jersy: Printice Hall, Inc

Bimo, Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.

Carlson, D. W. dan Kacmar, K.M. Construction and Initial Validation of a Multidimensional Measure of Work-Family Conflict. Journal of Vocational Behavior 50 hal 145-167. 2000. Academic Press.

Corey, Schneider, and Corey, Gerald., (2006). Groups Process and Practice Seventh Edition, Thomson Brooks/Cole.

Deswita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diane E. Papalia, et. Al. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta

Gerungan, W.A. (2006). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Hurlock, E. (2014). Psikologi perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kartono, Kartini. (2007). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.

Komalasari, Gantina., Eka Wahyuni., dan Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Latipun, 2001. Psikologi Konseling, Malang: UMM Press

Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Lesmana, MuradJeanette, Dasar-dasar Konseling, Jakarta: UI Press, 2008.

Lestari, Neni. Efektivitas layanan konseling pribadi-sosial melalui pendekatan behavioral dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial di smk n 7 bandar lampung. Diss. Uin Raden Intan Lampung, 2017.

Lestari, D.P. (2014). Bimbingan dan konseling pribadi sosial dalam mengatasi kesulitan penyesuaian sosial siswa MTs Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, R.S. (2004). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Muhammad Surya. 2003. Teori-Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan. Cetakan I. Malang : UM Press.

Mutadin, 2006. Ketrampilan Sosial Remaja, www.e-psikologi.com/psikologiremaja/ketrampilan-sosial. http://www.idai.or.id/remaja.asp, p= 5 diakses 10 september 2012

Partowisastro, R. 2003. Perbandingan konsep diri dan Interaksi Sosial anak-anak remaja WNI asli dengan keturunan Tionghoa. Laporan Penelitian. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.

Ratna, Lilis. 2013. Teknik-teknik Konseling. Sleman: Deepublish.

Saefullah. (2012). Psikologi perkembangan dan pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Santrock, J.W. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, Sarlito W., Meinarno, Eko A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Schaar. (2017). Penduduk Indonesia. Diunduh dari http://www.indonesiainvestments.com/id/budaya/penduduk/item67

Schneiders. (1964). Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Soekanto, S. 2002. Sosiologi : Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali

Strahun, OConnor & Peterson. 2013. Behavior Contracting. Jurnal Pendidikan. Tersedia di k12engangement.unl.edu.

Sri Rumini dan Siti Sundari, (2004), Perkembangan Anak dan Remaja,Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sundari, Siti. 2005. Kesehatan Mental Dalam Kehidupan.Rineka cipta: Jakarta.

Wardani, R. (2010). Hubungan antara kompetensi sosial dengan penyesuaian sosial pada remaja. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 34(01), 92-103.

Yrama Widya Ekawarna. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Gaung Persada.

Zakiah, Daradjat. Pendekatan Psikologis dan Fungsi keluarga dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. Semarang.1990

Uniska-bjm.ac.id/7344/1/ARTIKEL-EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN ETIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANJAR-dikonversi.pdf 2019

JarkawiJarkawi Pengaruh Cognitive Behavior Therapy(CBT)Untuk Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Beruntun Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia

Volume 4 Nomor 3 Tahun 2018




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i3.11492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id