PENGARUH REWARD, KEMAMPUAN KERJA DAN PEMBERDAYAAN TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU PERGURUAN AL WASHLIYAH TEBING TINGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward, kemampuan kerja dan pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi guru di Perguruan Al Washliyah Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 310 orang guru di Perguruan Al Washliyah kota Tebing Tinggi, sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 76 orang guru. Metode penelitian ini adalah kuantitatif yaitu metode penelitian yang lebih menuju kepada aspek pengukuran secara objektif terhadap fenomena sosial. Teknik analisa data penelitian ini adalah uji keandalan angka, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial reward berpengaruh terhadap motivasi berprestasi guru. Besarnya pengaruh reward terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2 yakni 0,121 atau 12,1 %. Ini berarti pengaruh reward terhadap motivasi berprestasi sebesar 12,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. parsial kemampuan kerja berpengaruh terhadap motuvasi berprestasi. Besarnya pengaruh reward terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2 yakni 0,0,063 atau 6,3 %. Ini berarti pengaruh kemampuan kerja terhadap motivasi berprestasi sebesar 6,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. pengaruh pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2 yakni 0,036 atau 3,6 %. Ini berarti pengaruh pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi sebesar 3,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Keywords
References
Basyiruddin Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press
Cahyono, S, (2012). Membangun budaya keselamatan pasien dalam praktik kedokteran, Yogyakarta
Cowly, sue. 2011. Panduan manajemen prilaku siswa. Bandung Erlangga
Kaelan. 2004. Pendidikan Pancasila. Yoyakarta: Paradigma
Manzoor, R. S., et.al. 2011. Effect of Teamwork on Employee Performance. The International Journal Of Management, Vol. 2, No. 4, Hal. 110-126
Moekijat. 2002. Manajemen Tenaga Kerja dan Hubungan Kerja. Bandung: Pionir Jaya
Muhidin, sambas Ali, M. S., & Winata, Hendri, M. S. (2016). Manajemen Kearsipan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA
Mullins, Laurie J. 2005. Management and Organisational Behaviour. Seventh Editon. USA: Prentice Hall
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja
Sagala, syaiful. 2007. Manajemen Stratejik dalam peningkatan mutu pendidikan .Bandung: Alfabeta
Sanusi Hamid, 2014 Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan.(Yogyakarta: Deepublish).
Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima, PT Refika Aditama, Bandung.
Siagian, Sondang P, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga belas, Bumi Aksara, Jakarta.
Siti Nurpina . Pengaruh Penghargaan (Reward) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Kerja Guru Sma Negeri Di Kabupaten Sukabumi https://media.neliti.com/media/publications/113995-ID-pengaruh-penghargaan-reward-dan-motivasi.pdf diakses pada tanggal 10 oktober 2022
Sukadji. 2001.Motivasi dalam Masyarakat. Jakarta :Gramedia.
Syaiful Sagala, 2010: 61. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta : Bandung.
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i3.12117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed in: