PENGARUH REWARD, KEMAMPUAN KERJA DAN PEMBERDAYAAN TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU PERGURUAN AL WASHLIYAH TEBING TINGGI

Endiya Purbaningsih, Indra Prasetia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward, kemampuan kerja dan pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi guru di Perguruan Al Washliyah Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 310 orang guru di Perguruan Al Washliyah kota Tebing Tinggi, sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 76 orang guru. Metode penelitian ini adalah kuantitatif yaitu metode penelitian yang lebih menuju kepada aspek pengukuran secara objektif terhadap fenomena sosial. Teknik analisa data penelitian ini adalah uji keandalan angka, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial reward berpengaruh terhadap motivasi berprestasi guru. Besarnya pengaruh reward terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2 yakni 0,121 atau 12,1 %. Ini berarti pengaruh reward terhadap motivasi berprestasi sebesar 12,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. parsial kemampuan kerja berpengaruh terhadap motuvasi berprestasi. Besarnya pengaruh reward terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2 yakni 0,0,063 atau 6,3 %. Ini berarti pengaruh kemampuan kerja terhadap motivasi berprestasi sebesar 6,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. pengaruh pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2 yakni 0,036 atau 3,6 %. Ini berarti pengaruh pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi sebesar 3,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.


Keywords


REWARD, KEMAMPUAN KERJA, PEMBERDAYAAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU

References


Basyiruddin Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press

Cahyono, S, (2012). Membangun budaya keselamatan pasien dalam praktik kedokteran, Yogyakarta

Cowly, sue. 2011. Panduan manajemen prilaku siswa. Bandung Erlangga

Kaelan. 2004. Pendidikan Pancasila. Yoyakarta: Paradigma

Manzoor, R. S., et.al. 2011. Effect of Teamwork on Employee Performance. The International Journal Of Management, Vol. 2, No. 4, Hal. 110-126

Moekijat. 2002. Manajemen Tenaga Kerja dan Hubungan Kerja. Bandung: Pionir Jaya

Muhidin, sambas Ali, M. S., & Winata, Hendri, M. S. (2016). Manajemen Kearsipan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Mullins, Laurie J. 2005. Management and Organisational Behaviour. Seventh Editon. USA: Prentice Hall

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja

Sagala, syaiful. 2007. Manajemen Stratejik dalam peningkatan mutu pendidikan .Bandung: Alfabeta

Sanusi Hamid, 2014 Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan.(Yogyakarta: Deepublish).

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima, PT Refika Aditama, Bandung.

Siagian, Sondang P, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga belas, Bumi Aksara, Jakarta.

Siti Nurpina . Pengaruh Penghargaan (Reward) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Kerja Guru Sma Negeri Di Kabupaten Sukabumi https://media.neliti.com/media/publications/113995-ID-pengaruh-penghargaan-reward-dan-motivasi.pdf diakses pada tanggal 10 oktober 2022

Sukadji. 2001.Motivasi dalam Masyarakat. Jakarta :Gramedia.

Syaiful Sagala, 2010: 61. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta : Bandung.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i3.12117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id