Teknik Goal Oriented Dalam Penyusunan Program Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengembangan Karakter Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan teknik goal oriented dalam penyusunan program bimbingan dan konseling dalam pengembangan karakter siswa di sekolah SMAN 10 Medan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 10 Medan. Teknik penarikan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah model Skala Likert. Tujuan penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik persentase. Selanjutnya, tujuan ketiga dianalisis dengan uji wilcoxon. Temuan penelitian ini: Dari penelitian ini ditemukan bahwa dengan teknik goal oriented dapat mengembangkan karakter siswa di SMAN 10 Medan. Dengan hasil sebelum diberikan perlakuan dengan teknik goal oriented rata-rata skor 66,08 sedangkan setelah diberikan perlakuan dengan teknik goal oriented rata-rata skor 126,62 sehingga dapat dikatakan penelitian ini efektif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Annisa, Ana & Catharina Tri Anni. 2015. Studi Kasus Pengembangan Program Bimbingan dan
Konseling di SMA Negeri Kota Surakarta. Indonesian Journal of Guidance and Counseling:
Theory and Application. 4(4).
Arikunto. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aulia, Dea, Firman, Nevlyerni. 2022. Penyusunan Program BK di Tingkat SMA. Jurnal Education &
Learning . 2(2).
Azizah, Faricha, Herda Fitri Br Ginting, Robbi Suraida Utami. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Program
Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling.
(1).
Farozin, Muh, dkk. 2017. Identifikasi Permasalahan Perancangan Program Bimbingan Dan Konseling
Pada Guru Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 10(1).
Mirnawati. 2010. Efektivitas Penerapan Goal Oriented Evaluation Model (Goem) Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii1 Smp Negeri 26 Makassar. Skripsi. Universitas
Islam Negeri Alauddin Makassar.
Nuraeni, Intan. Milda Yanuvianti. 2018. Identifikasi Permasalahan Perancangan Program Bimbingan
Dan Konseling Pada Guru SMK Di Kota Yogyakarta. Prosiding Psikologi.Universitas Islam
Bandung. 4(1).
Novalinda, Rona, Ambiyar, Fahmi Rizal. 2020. Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented.
Edukasi: Jurnal Pendidikan. 18(1).
Nove, Albertus Hengka, dkk. 2021. Efektivitas teknik diskusi dalam bimbingan kelompok untuk
membantu dalam perencanaan karir siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 9(4).
Noviawati, Elvi. Syamsu Yusuf L.N , A Juntika Nurihsan. 2016. Efektivitas Program Bimbingan Dan
Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Regulasi Diri, Efikasi Diri, Dan Prestasi Akademik.
Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. 3(2).
Pautina, Amalia Rizki,dkk. 2021. Efektivitas Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling pada
Madrasah Unggulan. IRFANI: Jurnal Pendidikan Islam. 17(1).
Putra, Aris Try Andreas. 2012. Evaluasi Program Pendidikan: “Pedekatan Evaluasi Program Berorientasi
Tujuan (Goal-Oriented Evaluation Approach: Ralph W. Tyler)”. Jurnal Shautut Tarbiyah. 18(1). https://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/65
Widyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i1.23962
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id