Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa

Amelia Dilla, Sevia Soffa

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling untuk meningkatkan sikap sopan santun siswa kelas VII MTs As-Shofa Tahun Ajaran 2022/2023. Objek didalam penelitian ini adalah siswa VII MTs As-Shofa yang berjumlah 7 orang yang memiliki sikap sopan santun yang masih rendah. Pelaksanaan layanan dilakukan dalam satu siklus layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini maka dilakukan observasi dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling yang di terapkan di kelas VII MTs As-Shofa Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan sikap sopan siswa.


References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja.

Depdikbud, (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta

Diantini Nur Faridah. (2017). Efektifitas Teknik Modeling melalui Konseling Kelompok untuk meningkatkan karakter rasa hormat peserta didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam,Vol. 05 No. 01.

Erford, Bradley T. 2015. 40. Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasibuan, Abdurrozzaq. (2017). Etika Profesi Profesinal Kerja. Jakarta: UIS Press.

Iskandar. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: GP Press.

Juniarisih, dkk. (2012) Penerepan Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untukn Meningkatkan Emotional Intelligence Siswa Pada Kelas X AP1 SMK Negeri 1 Seririt Kabupaten Buleleng. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Komalasari dan Wahyuni. (2011). Teori dan Teknik Konseling, Jakarta Barat : Indeks Penerbit, h. 176.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Muntholi'ah. (2012). Konsep Diri Positif Penunjang Prestasi PAI. Semarang: Gunungjati dan Yayasan Al-Qalam.

Muamad. (2011). Memahami Riset Prilaku dan Sosial. Bandung: Pustaka. Cendekia

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program PPK FIP UNP.

Prayitno dkk. (2016). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Jakarta: ABKIN.

Prayitno dan Erman amti. (2014), Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, jakarta, Rineka Cipta. h. 309-310.

Shihab.(2016).Yang Hilang Dari Akhlak. Tanggerang: Lentera Hati. Hal 126

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Tindakan Komorehensif. Bandung: Alfaa

Yusuf, A. M.( 2011). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i3.24052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id